3 Penyebab Bunyi Gesekan pada Roda Depan Mobil Saat Jalan.

Bunyi gesekan pada roda depan mobil biasanya terdengar saat anda sedang menikung atau berbelok. Tentunya masalah ini dapat mengusik anda saat melakukan perjalanan jauh seperti bekerja, berlibur atau pergi berbelanja. Bunyi pada mobil jangan dianggap remeh. Pasalnya, masalah ini bisa jadi muncul dari komponen mobil.
Karena masalah ini, anda harus mencari solusinya. Untuk mencari solusinya, anda harus mengetahui apa saja asal bunyi yang terjadi pada roda depan mobil. Dengan mengetahui penyebabnya, anda bisa mengambil solusinya. Simak alasan mengapa roda depan terdengar bunyi gesekan. Simak penjelasannya berikut ini dan segera lakukan tindakan. 

3 Penyebab Bunyi Pada Roda Depan Mobil Saat Jalan.

Longgarnya Bagian Cross Member

Bagian cross member biasanya berhubungan langsung dengan komponen lower arm. Oleh karena itu, suara gesekan biasanya muncul dari bagian roda depan. Gesekan ini berasal dari benturan benda keras. Benda yang bergesekan misalnya trotoar atau batu yang menyebabkan lower arm bergoyang. 
Ini tentunya yang membuat cross member menjadi tertekuk. Karena kondisi komponen yang tertekuk dan terbentur akhirnya bunyi gluduk-gluduk muncul sehingga menganggu aktivitas mengemudi. 

Ban Mobil Memiliki Permukaan yang Bergelombang

Bunyi gesekan pada ban depan mobil dapat dirasakan saat anda mengendarai mobil setelah kecepatan di atas 40 km/jam. Suara tersebut mirip dengan suara dengungan yang tidak bisa hilang. Memang suara tidak mengganggu komponen akan tetapi menganggu anda dalam melakukan kegiatan bepergian. 
Berubahnya gelombang ban mobil ini disebabkan karena sudut ban mobil memiliki sudut toe-in-toe dengan posisi yang salah. Kesalahan ini biasanya ditandai dengan kecilnya ukuran gelombang yang ada pada ban mobil. Bunyi gluduk pada roda depan mobil bisa terjadi karena hal ini. 

Kendurnya Posisi Baut Karet yang Ada pada Mobil

Bunyi gluduk pada roda depan juga disebabkan karena kendurnya posisi baut sehingga menyebabkan bunyi gesekan pada ban depan mobil juga . Baut karet yang kendur tidak dapat menahan dudukan sehingga tidak mampu menyangga bagian shock breaker. Sebagai solusinya, anda dapat memeriksa baut dengan kunci roda untuk memeriksa baut sudah rapat atau tidak.Ternyata, penyebab bunyi gesekan pada roda depan mobil harus diperiksa sejak awal ya!

About The Author

Reply