Penyebab Mobil Goyang Seperti Ban Kempes Saat Jalan Pelan

Ketika anda berkendara dan merasakan mobil goyang seperti ban kempes saat jalan pelan, janganlah anda panik. Ketika keadaan mobil nya seperti itu. Tindakan yang harus anda lakukan ialah langsung meminggirkan kendaraan anda kemudian memeriksa kondisi ban. Karena kondisi seperti itu  pastilah tidak nyaman dan membuat was-was. Apalagi jika jalanan yang dilalui penuh dengan lubang atau jalananya cukup jelek dan banyak belokan.  Mobil akan terasa bergoyang, dan tidak stabil karena roda depan goyang ke kanan dan ke kiri.
Kondisi mobil goyang juga terdapat pada bagian lain yaitu roda bagian belakang mobil oblak. Nah, jika pernah mengalami kondisi seperti ini, jangan sepelekan. Segera cari tahu penyebabnya dan bagaimana solusi untuk mengatasi hal tersebut. Apalagi jika kendaraan sering dibawa ke luar kota. Mobil goyang seperti ban kempes ini sering terjadi ketika melaju dalam kecepatan tinggi atau melewati jalanan yang tidak rata tetapi terkadang juga mobil goyang seperti ini apabila sudah parah akan terasa ketika anda sedang melakukan jalan pelan.

Penyebab Mobil Goyang Seperti Ban Kempes Saat Jalan Pelan.

Masalah pada Mesin.

Ada kemungkinan mobil goyang ketika melaju dengan pelan disebabkan adanya masalah pada mesin kendaraan. Bukan hanya mobil lama, mobil baru pun mungkin saja mengalami goyang atau limbung jika mesinnya bergetar. Ini dipicu proses pembakaran yang tidak sempurna. Sehingga pembakaran pada bahan bakar dan kombinasi udara dalam mesin tidak seimbang.

Ban Tidak Mulus.

Penyebab mobil goyang saat jalan adalah kondisi ban yang tidak mulus. Coba cek ban mobil Anda. Jika terdapat benjolan pada permukaannya, bisa jadi itu yang menyebabkan kendaraan bergoyang atau limbung. Ban yang tidak mulus disebabkan karena mengahantam benda keras ketika sedang melaju dengan kecepatan tinggi. Jadi rutin cek kondisi ban ya sebagai langkah antisipasi.

Rem Keras.

Penyebab lain mobil bergoyang saat melaju adalah rem yang keras. Anda boleh cek kondisi rem mobil sebelum berkendara. Semakin lama dan kerap digunakan, rem tentunya mengalami penurunan fungsi atau perubahan bentuk. Ini memicu getaran yang kuat saat rem diinjak. Untuk mengatasinya ganti kampas rem sesegera mungkin. Anda bisa memilih kampas rem yang bertekstur lunak. Jangan pilih kampas rem yang keras, sebab akan merusak cakram.
Kesimpulan : Setelah kita mengetahui penyebab mobil goyang seperti ban kempes maka jangan sampai lupa untuk rutin periksa kendaraan sebelum melakukan perjalanan. Baik itu perjalanan jauh ataupun dekat, terutama pada bagian kaki-kaki mobil.

About The Author

Reply