Inilah 4 Penyebab Setir Mobil Bergetar Saat Kecepatan Tinggi

Setir mobil bergetar saat kecepatan tinggi perlu dicek terlebih dahulu untuk mendukung faktor kenyamanan dan keselamatan ketika berkendara. Kondisi setir mobil bergetar saat jalan kencang atau saat melaju dengan kecepatan tinggi memang sangat mempengaruhi performa kendaraan mobil. Apabila anda merasakan setir mobil anda bergetar, anda harus memeriksa masalah yang terjadi pada mobil anda. 
Sebelum menemui masalah yang lebih serius lagi, anda perlu mengetahui apa yang jadi penyebab setir mobil bergetar dan kenapa setir mobil bergetar saat melaju dengan kecepatan yang cukup tinggi? Dari informasi tersebut, anda diharapkan bisa mengetahui alasannya dan apa yang jadi penyebab setir mobil bergetar pada saat kendaraan dipacu dengan cukup tinggi.

Berikut beberapa hal yang perlu anda ketahui supaya setir mobil anda tidak bergetar.

Masalah pada Kaki-kaki Mobil

Setir mobil bergetar ini timbul karena masalah yang ada pada kaki mobil. Permasalahan yang terjadi biasanya kaki mobil mengalami aus. Beberapa komponen kaki mobil yang aus diantara lain tie rod, ball joint dan racksteer. Komponen tersebut memang berhubungan dengan setir mobil. 

Masalah Tekanan Angin pada Ban Mobil

Untuk melihat masalah tekanan angin yang menyebabkan setir mobil bergetar ini dapat dilakukan dengan cara memeriksa kondisi ban terlebih dahulu. Biasanya tekanan angin memang didukung sesuai dengan performa ban pabrikan. Jika tekanan ban angin kurang memenuhi standar maka setir mobil menjadi bergetar. 

Permasalahan Kondisi Tapak Ban

Setiap orang yang mengalami permasalahan pada mobilnya pasti penasaran kenapa setir mobil bergetar pada saat melaju dengan kecepatan yang cukup kencang? Untuk memeriksa kondisi ini perlu dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu. 
Untuk memeriksa kondisi ini dengan mudah, anda harus memperhatikan Tradewear Indicator atau TWI terlebih dahulu. Ini seperti indikator atau pengukuran untuk tapak permukaan ban. 

Performa Engine Mounting

Setir mobil bergetar pada saat kencang semakin terasa jika performa dan kinerja engine mounting bermasalah. Biasanya getaran semakin timbul sejak mesin dihidupkan. Bahkan saat mobil berjalan, mobil semakin bergetar sehingga laju kendaraan mobil dalam perjalanan juga tidak lancar. 
Dari keempat hal yang dapat membuat setir mobil saat bergetar tersebut, anda seharusnya lebih waspada pada perawatan mobil anda. Periksa dan cek mobil terlebih dahulu ya! 

About The Author

Reply