Kenali Gejala Roda Depan Mobil Bunyi Tek Tek saat Belok

Roda depan mobil bunyi tek tek saat belok pasti pernah dialami sebagian besar pemilik mobil. Bunyi mengganggu seperti itu biasanya terdengar saat mobil berbelok atau menikung.  Untuk mengatasinya, ketahui dulu sumber masalahnya ada di mana. Dengan begitu, penangannya pun tepat sasaran. 

Berikut beberapa gejala roda depan mobil bunyi saat belok.  

CV Joint Robek

Bunyi tek-tek kemungkinan disebabkan oleh CV joint yang telah robek. Jika CV joint robek, maka pelumas yang terdapat di dalamnya bocor dan membuat CV Joint kering. Selain itu, kerusakan CV joint mengakibatkan air merembes ke dalamnya sehingga menimbulkan bunyi yang tak lazim pada mobil. 

Cross Member Tertekuk

Cros member merupakan bagian yang bersinggungan langsung dengan lower arm. Bagian ini rentan sekali tertekuk saat mobil mengalami benturan keras. Ketika cross member tertekuk dan bertemu dengan lower arm, maka dapat dipastikan roda depan mobil akan berbunyi. 

Long Tierod Aus

Long Tierod erat kaitannya dengan sertir dan balancing. Berfungsi untuk meneruskan gaya berbelok dari  kemudi ke roda-roda. Sama halnya dengan komponen lain, long tierod yang umumnya terbuat dari logam ini punya batas masa pemakaian. Jika sudah aus, maka akan terdengar suara berisik ketika mobil dibawa melaju. 

Baut Karet Support Kendor

Terkadang bunyi tek-tek yang terdengar pada roda depan bisa disebabkan oleh hal-hal yang cenderung sepele. Contohnya, baut karet support kendor. Baut karet support ini berguna sebagai penyangga shock breaker agar tidak terlepas. Untuk mengatasinya mudah saja, tinggal kencangkan baut dengan kunci roda maka roda mobil tidak berbunyi lagi. 

Permukaan Ban Bergelombang

Kemungkinan lain yang menyebabkan roda depan mobil berbunyi ialah kondisi permukaan ban yang bergelombang. Bunyi akan semakin tajam terdengar apabila mobil dikemudikan dalam kecepatan tinggi. Bukan hanya mengganggu kenyamanan, kondisi ban yang abnormal juga memicu terjadinya kecelakaan di jalan raya. 
Itulah beberapa biang kerok yang ditunjuk sebagai penyebab roda depan mobil bunyi tek tek. Tetapi bukan hanya roda atau ban depan saja yang mengalami bunyi seperti itu pada roda belakang pun sama, terkadang mengalami  ban belakang mobil bunyi tek tek. Untuk memastikan sumber kerusakan, alangkah baiknya Anda segera membawa mobil ke bengkel untuk dicek oleh montir profesional. Tentunya untuk menjaga kenyamanan dan keamanan Anda saat berkendara. 

Similar Posts