Inilah Faktor Penyebab Mobil Anda Bunyi Tek tek Saat Jalan

Bunyi tek tek saat jalan menjadi salah satu masalah saat anda sedang mengendarai mobil. Tidak hanya menganggu pendengaran saja, hal ini juga dapat mengakibatkan perjalanan merasa tidak nyaman. Bahkan, masalah bisa sangat mengganggu saat anda membawa keluarga yang masih bayi atau balita. Anda pasti tidak mau kan anak atau saudara bayi anda terbangun saat perjalanan dengan mobil.
Untuk mencegah terjadinya masalah ini, ada beberapa alasan yang perlu anda tahu terlebih dahulu. Untuk mengetahui apa yang menyebabkan masalah ini, anda perlu mengenal beberapa penyebabnya mengapa mobil berbunyi tek-tek saat berjalan. Supaya masalah tidak menjadi lebih besar, kenali beberapa faktor timbulnya bunyi tek-tek berikut ini:

Inilah Faktor Penyebab Mobil Anda Bunyi Tek tek Saat Jalan

Mengeringnya Oli pada Mesin

Bunyi kletek-kletek pada mobil anda saat jalan ini bisa juga dikarenakan oli pada mobil mengalami kekeringan. Biasanya bunyi kletek-kletek saat jalan melalui jalanan tanjakan. Ini dikarenakan oli pada mesin mulai mengalami kekeringan.

Cross Joint Mengalami Keausan

Tapi ternyata oli kering bukan satu-satunya penyebab mobil mengeluarkan suara tek-tek. Cross joint yang mengalami keausan juga mempengaruhi suara mobil. Karena aus, cross joint bisa mengalami karatan dan kerusakan. Namun, jika mobil berbunyi terus-menerus, mau tidak mau anda harus segera menggantinya. 
Jika cross joint yang lain tidak berbunyi, anda bisa membongkarnya lalu berikan stemped pada mesin. Bunyi mobil berbeda-beda tergantung pada masalah kerusakan yang ada pada mobil anda. Apabila terdengar bunyi tek tek saat mobil jalan, anda disarankan mengganti CV Joint anda. 

Gejala yang Perlu Anda Tahu Kapan harus Ganti CV Joint

Jangan biarkan mobil anda terus-menerus bunyi kletek-kletek saat jalan! Ada beberapa gejala yang perlu anda tahu kapan harus ganti CV Joint, antara lain:

  • Terdengar suara bunyi gesekan pada roda depan mobil dan pada roda belakang mobil saat sedang direm. Ini disebabkan CV Joint tidak terlindung sehingga mengakibatkan kelonggaran.
  • Roda terlihat grease atau biasanya tampak gemuk bocor.
  • Boot CV Joint mengalami kebocoran sehingga getaran keluar dari CV Axle setelah kondisi menjadi lembap.

Nah, itu tadi faktor penyebab mobil anda bunyi tek tek saat jalan dan solusi yang anda bissa lakukan ketika anda menghadapi kejadian seperti itu pada mobil anda. Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Similar Posts