4 Penyebab Kaki-kaki Mobil Bunyi Kletek-kletek Saat Jalan

Kaki-kaki mobil bunyi kletek-kletek menjadi masalah yang cukup sering dihadapi oleh pemilik mobil. Terlebih bila mobil tersebut keluaran lama atau lantaran jarang mendapat perawatan yang benar. Permasalahan ini merupakan indikasi adanya kerusakan pada sejumlah komponen mobil. Maka, sebaiknya jangan menunggu lama. Segera lakukan perbaikan atau penggantian komponen baru agar masalah ini tidak berlanjut makin parah. 

Berikut 4 penyebab kaki-kaki mobil bunyi kletek-kletek. 

Ball Joint Penyok

penyebab kaki-kaki mobil bunyi tek tek saat jalan paling sering disebabkan oleh kerusakan pada ball joint. Ball joint terletak di bagian lower arm. Komponen-komponen di sekitar lower arm memang rentan sekali rusak, termasuk ball joint
Keberadaan ball joint berguna sebagai engsel bagi roda. Ketika ball joint mengalami kerusakan (umumnya penyok), maka akan kedengaran bunyi-bunyi tak lazim saat mobil berbelok maupun melewati lintasan bergelombang. 

Stabilizer Bar Bermasalah

Stabilizer bar abnormal juga bisa jadi penyebab kaki-kaki mobil bunyi kletek-kletek saat digas. Posisi stabilizer bar berada pada bagian roda depan kanan dan kiri. Masing-masing dilengkapi dengan ball joint di bagian ujungnya. 
Stabilizer bar berfungsi untuk menjaga keseimbangan tinggi antara roda kiri kanan. Sangat mudah dibayangkan apa jadinya ketika komponen ini bermasalah. Jelas keseimbangan roda terganggu dan menimbulkan bunyi-bunyi aneh seperti kletek-kletek. 

Wheel Bearing Bengkok

Sumber penyebab lainnya berada pada pada wheel bearing. Wheel bearing adalah bantalan yang disambungkan pada poros roda dan knuckle arm. Peranannya menjaga agar tidak terjadi pergesekan langsung saat velg atau roda berputar. 
Hanya saja, wheel bearing rentan bengkok atau hancur. Akibatnya, akan timbul suara-suara aneh saat mobil dibawa melaju. Bahkan, semakin tinggi kecepatan semakin nyaring pula bunyinya. 

Boot Axle Robek

Bunyi kletek-kletek juga bisa bersumber dari kerusakan boot axle. Boot axle ini terbuat dari karet. Selain berfungsi sebagai penutup joint di bagian axle shaft, boot axle juga menjaga pelumas dari kebocoran. 
Namun, seiring pemakaian material boot axle akan menipis dan robek. Jika tidak diganti, maka axle joint akan kering dan menimbulkan suara-suara berisik di kaki-kaki mobil. 
Nah, terjawab sudah beberapa penyebab kaki-kaki mobil bunyi kletek-kletek. Demi kenyamanan dan keselamatan berkendara, lakukan perawatan yang benar secara berkala terhadap mobil Anda. 

About The Author

Reply