Kenali Lebih Dekat Komponen Utama Sistem Suspensi Mobil

Komponen utama sistem suspensi mobil jadi kunci untuk berikan kenyamanan saat berkendara. Sistem suspensi merupakan hal yang selalu melekat dengan performa mobil. Bagaimana tidak, dengan adanya sistem ini maka kenyamanan dalam berkendara akan semakin bertambah. Begitu pun dengan keselamatan para penumpang dan pengemudinya juga akan terjaga ketika sistem suspensi mobil berjalan dengan baik.
Dalam suspensi mobil, ada banyak sekali komponen utama yang mendukungnya. Bagian yang utama pada sistem suspensi tersebut ialah pegas dan shock absorber yang memiliki fungsinya masing-masing. Selain itu, ada pula beberapa komponen pendukung lainnya di luar komponen utama yang biasanya terdapat dalam sistem suspensi mobil.
Tetapi, berbeda dengan kedua komponen yang utama sistem suspensi yang sudah dibahas sebelumnya. Karena kedua komponen utama ini selalu ada di setiap sistem suspenda dalam mobil. Karena tanpa kedua komponen ini, sistem suspensi mobil tidak akan berjalan sempurna. Saat salah satunya tidak berfungsi dengan baik saja sudah sangat mengganggu kenyamanan dalam berkendara.

2 Bagian yang Utama pada Sistem Suspensi Mobil

Yang akan dibahas lebih awal ialah elemen utama sistem suspensi mobil yang berupa pegas dan shock absorber. Di mana pegas merupakan komponen yang berfungsi untuk menyerap kejutan dan getaran dari gesekan antara jalan dengan roda-roda mobil.
Supaya kejutan dan getaran tersebut tidak diteruskan menuju bodi mobil, yang nantinya akan mengganggu kenyamanan orang dalam mobil. Pegas juga dapat meningkatkan cengkeraman roda pada jalanan. Komponen utama sistem suspensi selanjutnya ialah shock absorber atau peredam kejut.
Komponen yang satu ini memiliki fungsi meredamkan oskilasi atau gerakan naik dan turun pada mobil yang disebabkan pegas saat menyerap kejutan beserta gesekan dari permukaan jalan. Di dalam shock absorber terdapat fluida yang menyerap oskilasi melalui tahanan alirannya pada lubang kecil saat piston bergerak dalam silinder shock absorber.

Komponen Pendukung Lainnya pada Sistem Suspensi Mobil

Selain komponen utama sistem suspensi mobil, terdapat pula komponen pendukung lainnya. Seperti ball joint untuk menerima beban lateral dan horizontal serta sebagai sumbu putaran saat kendaraan berbelok. Lalu stabilizer bar yang berfungsi menjaga keseimbangan bodi pada mobil, lateral control rod untuk menahan axle ketika posisinya terhadap beban berasal dari arah menyamping.
Serta upper dan lower arm yang merupakan bagian pendukung pula dalam sistem suspensi mobil. Di mana berguna untuk menghubungkan antara knuckel arm dengan bodi dari mobil. Dari keseluruhan komponen yang ada, akan menyatu dalam satu kesatuan untuk sistem suspensi mobil.
Itulah bagian utama sistem suspensi pada mobil, apabila anda merasakan ketidaknyamanan pada suspensi mobil anda, segera cek mobil anda atau bawa kebengkel terdekat atau bengkel resmi.
Pada artikel selanjutnya kami masih akan membahas tentang suspensi yang cocok untuk avanza karena sangat penting untuk diperhatikan. Jika Anda sedang berniat untuk memodifikasi mobil, mungkin salah satu agenda terpenting adalah cara mencari suspensi yang cocok untuk Avanza.
 

About The Author

Reply