Ketahui 4 Penyebab Bunyi Gluduk pada Roda Depan Avanza Anda

Bunyi gluduk pada roda depan Avanza memang bukan problem baru di kalangan pengguna mobil merek ini. Paling sering terjadi bila melewati jalan berlubang atau kontur tanahnya bergelombang. Apakah ini pertanda mobil mengalami kerusakan serius? 
Belum tentu. Bisa jadi ada komponen tertentu di sekitar roda yang belum terpasang dengan tepat. Atau, mungkin memang sudah waktunya harus diganti dengan yang baru. Namun, bukan berarti penyebab bunyi gluduk pada roda depan mobil boleh dibiar-biarkan. Kerusakan sepele lambat laun akan bertambah parah jika tidak segera diatasi. 

Berikut ini 4 penyebab roda depan mobil bunyi Gluduk.

Ball Joint Oblag

Penyebab pertama kemungkinan bersumber pada ball joint yang oblag. Permasalahan seperti ini sebetulnya bukan hanya terjadi pada mobil Avanza saja, tapi juga mobil-mobil merek lain. Bisa dibilang ini sangat umum terjadi. 
Biasanya, ball joint oblag karena faktor human error saat pemasangan baut ball joint yang kurang kencang. Sehingga tercipta celah pada lubang penahan stabilizer. Penanganannya tidak sulit karena yang diperlukan hanya mengencangkan baut yang itu longgar itu saja. 

Bush Stabilizer Bar dan Karet Stabilizer Sudah Tipis

Mobil Avanza dilengkapi dengan dua bush stabilizer pada bagian kiri dan kanan. Masing-masing bush stabilizer terdapat 4 karet. Seiring masa pemakaian, komponen-komponen ini akan menipis/aus akibat gesekan. Akibatnya, fungsinya jadi menurun. 

Bushing Lower Arm Karet  Sobek

Penyebab yang ketiga ini lebih serius dibanding dua sebelumnya. Bila bushing lower arm sobek atau bahkan pecah, bunyi gluduk-gluduk bukan hanya terdengar ketika melewati jalan berlubang atau bergelombang saja tapi juga di lintasan rata seperti pavin block sekalipun. Jalan satu-satunya untuk mengatasinya hanya dengan mengganti bushing lower arm  baru. 

Cross Amber Rusak

Cross amber juga ditunjuk sebagai pencetus masalah bunyi gluduk pada roda depan mobil Avanza. Normalnya, cross amber bersentuhan dengan lower arm. Namun kerusakan cross amber yang umumnya disebabkan oleh benturan keras mengakibatkan bagian ini tertekuk sehingga tidak bisa lagi beradu dengan lower arm. 
Begitulah gambaran penyebab bunyi gluduk pada roda depan Avanza. Jika awam, sebaiknya percayakan masalah ini pada montir bengkel andalan Anda.

Similar Posts