Cara Merawat Shockbreaker Mobil Avanza Agar Tetap Awet

Shockbreaker mobil Avanza penting untuk diperhatikan agar kondisinya selalu aman dan nyaman. Perawatan pada mobil Avanza merupakan hal yang sangat penting dan menjadi tanggung jawab penuh pemiliknya. Alangkah baiknya jika perawatan tersebut dilakukan dengan rutin, guna menjaga mobil agar tetap berjalan dengan baik. Shockbreaker mobil itu merupakan salah satu komponen penting yang memerlukan perawatan.
Shockbreaker adalah sistem peredam kejut yang terletak guna menstabilkan laju dari mobil Avanza. Perawatan khusus ini perlu dilakukan karena shockbreaker pada mobil harus bekerja setiap saatnya dan juga memiliki usia untuk pemakaiannya.

2 Cara Mengecek Shockbreaker Avanza

Anda dapat melakukan dua cara berikut untuk mengecek kondisi shockbreaker mobil Avanza. Pertama lakukan inspeksi kondisi fisik shockbreaker mobil, lalu lihat juga, apakah shockbreaker masih dalam keadaan yang lurus atau tidak. Cek juga, apakah ada oli yang bocor dalam shockbreaker. Dapat juga Anda gunakan cara kedua, dengan merasakan secara langsung performa shockbreaker mobil.
Apabila ketidaknyamanan Anda alami saat berkendara, jelas diakibatkan oleh shockbreaker mobil yang mulai bermasalah. Sering kali karena suspensinya yang dapat menyebabkan bunyi gluduk pada roda depan avanza dan roda belakang avanza ketika melintasi lubang atau polisi tidur. Bahkan mobil akan serasa limbung ketika melaju dengan kecepatan yang tinggi.

Langkah Merawat Shockbreaker Avanza

Ketika tanda-tanda di atas sudah mulai terasa, alangkah baiknya Anda memilih langkah untuk memperbaikinya. Dan usahakan melakukan perbaikan atau servis pada shockbreaker mobil Avanza milik Anda sebelum kerusakannya menjadi parah. Karena semakin parahnya kerusakan pada shockbreaker mobil, akan membuat Anda mengeluarkan lebih banyak biaya dari kantong.
Ketika oli pada shockbreaker mobil mengalami bocor, akan nampak oli keluar dari tabung suspensi. Begitu pun as pada roda, akan terlihat dalam keadaan basah. Permasalahan ini cukup sering terjadi. Oli berfungsi sebagai pelumas dan berfungsi menghasilkan tekanan hidrolik pada shockbreaker mobil.
Jadi akan sangat terganggu dan dapat menyebabkan bantingan menjadi keras hingga macet. Untuk itu perlu Anda lakukan pencarian sumber kebocoran serta memperbaikinya. Selanjutnya tambahkan oli untuk menambah tekanan sesuai yang Anda inginkan.
Kesimpulan : Shockbreaker mobil Avanza memang sangat penting untuk diperhatikan. Kenapa? Tentu saja agar kondisinya tetap dalam keadaan prima. Namun jika kesulitan mengeceknya sendiri, lakukan di bengkel agar hasilnya memuaskan. 

Similar Posts