Ini Fungsi Per Belakang Avanza Agar Suspensi Mobil Nyaman

Per belakang Avanza adalah komponen penting yang digunakan pada sistem suspensi pada mobil. Di mana suspensi pada mobil berguna untuk meredam adanya gerakan mobil yang naik dan turun akibat jalan yang tidak merata. Tanpa adanya per belakang, maka suspensi pada mobil tak akan berjalan sempurna dan dapat mengganggu kenyamanan berkendara.

Apa Itu Per Belakang Mobil?

Per bagian belakang Avanza terdiri dari tiga sampai sepuluh lembar plat berbahan baja. Yang tebalnya sekitar 3-6 milimeter serta disusun menjadi satu. Susunan tersebut dimulai dari pegas yang paling pendek diletakkan pada bagian bawah. Lalu pegas yang terpanjang berada di bagian atas dan disatukan menggunakan paku keling. Atau sering juga disebut baut pada bagian tengahnya.
Untuk per terpanjang tersebut berbentuk mata per yang dibulatkan kedua ujung pegasnya. Guna memungkinkan proses pemasangan pada rangka mobil. Untuk mempertinggi elastisitasnya, per belakang ini dibuat dengan bentuk daun yang elip. Camber adalah besarnya lengkung ketika dalam keadaan tak berbeban. Ada pula nip yang berbentuk lengkung besar yang pasti dimiliki per belakang mobil.

Ini Fungsi Per Belakang Avanza

Per salah satu komponen pada shockbreaker mobil avanza yang memiliki fungsi-fungsi penting untuk mobil. Di mana fungsi pertamanya ialah untuk meneruskan gerakan serta beban kendaraan dari bagian rangkanya menuju rumah aksel dan roda-roda. Selanjutnya per belakang mobil juga berfungsi untuk menahan gaya tekan yang timbul dan berubah-ubah.
Karenanya dapat menyebabkan gaya perlawanan timbul, dan berubah-ubah pula. Hal ini sering juga disebut pemegasan pada mobil. Selain itu, per belakang Avanza juga digunakan untuk mencegah terjadinya sebuah tekanan ke samping, jadi kendaraan akan meluncur lurus dan tetap stabil. Ketika nip pada per belakang mobil bertambah besar, maka per mobil ini akan mulai memendek.
Yang mana berguna mencegah terbukanya bagian-bagian antar per ketika bebannya kurang memungkinkan. Seperti masuknya pasir atau barang-barang lain ke dalam sela-sela lembaran per mobil tersebut. Gesekan antar per juga dapat terjadi karenanya. Ketika itu per mobil akan melunak dan memanjang, guna menahan beban yang besar ketika jumlahnya bertambah.
Kesimpulan : Per belakang Avanza menjadi komponen yang amat penting. Untuk itu, tidak ada alasan untuk lalai dalam pengecekannya. Lakukan di bengkel terbaik agar hasilnya sesuai harapan. 

Similar Posts