Ini Lah Penyebab Setir Mobil Goyang Saat Kecepatan Tinggi

Jangan dianggap sepeleh ketika anda merasakan setir mobil goyang saat kecepatan tinggi. Karena bisa membahayakan pengemudi saat berkendara. Pasalnya, setir mobil yang goyang bisa menimbulkan kecelakaan karena dapat merusak konsentrasi saat berkendara. Nah, ini pasti berbahaya kan?
Terkadang penyebab setir mobil goyang dapat menimbulkan mobil semakin sulit dikendalikan. Inilah yang menyebabkan mobil menjadi limbung. Agar masalah tidak semakin parah dan fatal, kenali dulu faktor dan penyebabnya lebih awal.

Penyebab setir mobil goyang saat melaju pada kecepatan tinggi. 

Mobil Anda Belum Di-Spooring

Mobil anda mengalami kesulitan saat berjalan lurus. Ini bisa jadi karena mobil belum di-spooring. Jadi, anda sangat disarankan untuk mengganti bagian komponen mobil misalnya mengganti kaki mobil dengan long tie rod dan tie rod. Karena belum di-spooring, ini bisa menyebabkan setir mobil goyang pada saat melaju dengan kecepatan yang cukup cepat. 

Mobil Tidak Di-Balancing

Penyebab setir mobil goyang pada saat berkecepatan tinggi yang berikutnya dikarenakan mobil tidak di-balancing. Ini disebabkan karena ban mobil anda aus. Jadi, periksa kondisi komponen mobil anda secara berkala mulai dari jenis grid dan balancing nya. Periksa dengan melakukan rotasi roda. 

Renggangnya Bearing (Lakher) Roda Mobil yang Aus

Bearing yang aus dan kendor juga menjadi penyebab setir mobil goyang pada saat melaju dengan kecepatan yang cukup kencang. Jadi,bearing roda ini terdapat dua tipe antara tappered dan assy. Jika tergolong dalam tipe tappered, anda masih dapat memperbakinya. Lain halnya dengan jenis assy, anda harus menggantinya jika mengalami aus. 

Velg Mobil Mengalami Kerusakan

Rusaknya velg mobil juga menjadi faktor setir mobil terasa goyang pada saat kecepatan cukup kencang. Ini biasanya terjadi ketika velg mengalami perubahan formasi. Terkadang deformasi ini menyebabkan perubahan lingkaran pada permukaannya. Jika velg mengalami bengkok, maka lakukan perbaikan dengan segera. 
Faktor-faktor setir mobil goyang saat kecepatan tinggi ini bisa anda ketahui terlebih dahulu jika anda mengecek komponen mobil secara berkala. Selain itu, anda harus melakukan pengecekan kondisi dan komponen mobil anda secara berkala.

Similar Posts