Inilah 4 Cara Mengatasi Mobil Limbung Atau Body Roll

Cara mengatasi mobil limbung atau body roll diperlukan bukan hanya oleh pemilik mobil. Akan tetapi mereka yang kerap  berkendara atau mengemudi mobil. Pengemudi juga harus memahami kondisi mobil dan juga gangguan yang mungkin terjadi selama di jalan. Salah satu yang sering dialami adalah mobil terasa melayang atau limbung. Biasanya ini terjadi ketika melewati jalanan yang tidak rata atau jalan yang penuh lubang dan belokan tajam. 
Ketika pengemudi melintasi belokan tajam kemudian seolah-olah terlempar ke arah yang berlawanan dan merasakan setir mobil terasa goyang baik setir mobil goyang saat kecepatan tinggi atau saat kecepatan rendah. Penyebab mobil limbung antara lain kondisi ban yang kurang prima, juga ada karet pushing yang sudah aus, sehingga fungsinya pun menurun. Anda harus waspada, mobil limbung cukup berbahaya. Apalagi jika Anda mengemudi ke luar kota. Kontrol kendaraan secara keseluruhan harus dilakukan sebelumnya.  Apa yang harus Dilakukan Ketika Mobil Limbung?

Berikut ini adalah cara mengatasi mobil limbung yang wajib Anda tahu.

Lakukan Balancing Secara Berkala 

Untuk menghindari terjadinya limbung atau oleng Anda bisa melakukan balancing atau spooring secara berkala. Setiap mobil memiliki sistem yang berbeda satu sama lain. Jadi Anda wajib membaca buku panduan untuk mengetahui sistem yang ada pada mobil Anda. 

Lakukan Rotasi Ban 

Cara mengatasi mobil limbung bisa dengan melakukan rotasi ban secara berkala. Ini untuk mengatur agar keausan yang terjadi pada ban mobil merata. Rotasi ban bisa dilakukan setiap 5.000 KM. 

Cek Kondisi Ban 

Sebelum melakukan balancing dan spooring, Anda disarankan untuk memeriksa kondisi ban secara merata. Mulai dari kondisi ban, pelek, suspensi, sampai sambungan antar kaki, chasis, sampai kondisi body mobil. 

Memasang Roda dengan Benar

Anda juga harus memperhatikan bagaimana pemasangan roda mobil ketika diganti atau ditambal. Pastikan roda terpasang dengan benar  sesuai dengan arah putar ban dan beri tekanan angin sesuai dengan anjuran. 
Cara mengatasi mobil limbung selain dari cara di atas, disarankan tidak membeli ban bekas dan rajin untuk servis kendaraan anda ke bengkel resmi atau bengkel yang terpercaya demi untuk kenyamanan dan keamanan anda saat berkendara.

Similar Posts