Kenali Apa itu Wiper pada Mobil, Ini Fungsi dan Cara Kerjanya!

Apa itu Wiper pada Mobil

Mungkin anda baru memiliki kendaraan roda 4, sedang bertanya-tanya mengenai Apa itu Wiper pada mobil, Bagaimana Fungsi dan Cara kerjanya.

Pada Kesempatan kali ini, kami akan membahasnya, wiper merupakan komponen penting pada kendaraan anda, selain aksesoris, ini bukan saja sebagai pelengkap.

Apa itu Wiper pada Mobil

Wiper pada mobil merupakan komponen yang berfungsi untuk membersihkan kaca depan dan belakang mobil dari debu, air, kotoran agar pengemudi bisa melihat jalanan dengan jelas.

Wiper pada mobil terdiri dari beberapa bagian, mulai dari lengan wiper yang berfungs untuk terhubung ke motor wiper nantinya lengan ini bergerak bolak-balik untuk mengikuti gerakan motor Wiper.

Sedangkan karet wiper berfungsi untuk bersentuhan langsung dengan kaca mobil biasanya material ini diciptakan untuk membersihkan air, debu dan kotoran, Keudian ada motor wiper yang berfungsi untuk menerima sinyal dari tuas wiper nantinya akan berputar untuk menghasilkan tenaga menggerakkan lengan wiper.

Dan terakhir tuas wiper, yang mengendendalikan dengan tuas yang terletak di sisi kanan kemudi, tuas memiliki kecepatan dan mode sapuan wiper.

Fungsi Wiper pada Mobil

Jika anda sedang melakukan perjalanan dan terkena hujan, wiper pada mobil sangat berfungsi untuk menjaga penglihatan anda.

Membersihkan Air Hujan

Wiper akan membersihkan air hujan dari kaca depan dan belakang mobil, dengan menggunakan wiper maka pengilihatan anda akan jelas.

Apalagi anda sedang melakukan perjalanan ditengah hujan, andanya wiper tentu saja sangat membantu anda.

Membersikan debu dan kotoran

Selain membersihkan air hujan, wiper juga membersihkan debu dan kotoran yang menempel pada kaca mobil.

Hal ini penting untuk menjaga penghilahatan saat berkendara di jalan berdebu atau kotor.

Jenis Wiper pada Mobil

Terdapat beberapa jenis wiper pada mobil, apa saja jenisnya?

  • Wiper Konvensional, jenis wiper ini memiliki desain yang sederhana dan merupakan wiper yang paling banyak digunakan oleh mobil.
  • Wiper Flat Blade, Jenis wiper ini memiliki desain yang lebih aerodinamis, sehingga menghasilkan performa lebih baik dan tahan lama.
  • Wiper Hybrid, Jenis ini menggabungkan desain konvensional dan wiper flat bladem sehingga memiliki keunggulan dari kedua jenis tersebut.

Tips Merawat Wiper Mobil

  • Periksa Karet Wiper secara Berkala, pastikan karet wiper masih dalam kondisi baik dan tidak getas, ganti karet wiper jika aus atau robek.
  • Bersihkan kaca mobil secara rutin, anda bisa membersihkan kaca mobil dari debu dan kotoran secara rutin agar wiper tidak berkerja terlalu keras.
  • Hindari penggunaan wiper saat mobil kering, penggunaan woper saat kacara kering bisa merusak karet wiper.

Cara Memilih Wiper pada Mobil

  • Sesuaikan Ukuran Wiper, Hal yang pertama adalah pastikan sesuai dengan ukuran dengan kaca depan dan belakang mobil anda.
  • Pilihlah jenis wiper, Anda bisa menggunakan jenis wiper yang bisa digunakan mulai dari konvensional, flat blade.
  • Pilihlah merk dan kualitas, pilihlah wiper dari merk terpercaya yang menawarkan kualitas terbaik, anda bisa membaca ulasan sebelum membeli.

Jika anda ingin melakukan penggantian Wiper kaca pada mobil, silahkan coba produk dari kami Domo Super Wiper Blade Hybrid.

Dengan harga terjangkau, Wiper ini memiliki 7 ukuran mulai dari 14,16,18,20, 22, 24, 26 inch untuk masing-masing memiliki ukuran yang berbeda dari kanan dan kiri.

Wiper ini menggunakan karet dengan berlapis graphite yang menimimalisir terjadinya goresan pada kaca dan tentunya tidak mudah rusak pada cuaca ekstrimm.

Sangat cocok untuk dengan kendaraan Indonesia, pemangasangannya cukup mudah presisi dan tidak muncul suara saat digunakan.

Jika anda tertarik pada produk kami, silahkan hubungi CS Domo Lancar Jaya melalui disini agar cs kami membantu anda.

Dapatkan penawaran menarik dan potongan harga sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku, jangan sampai salah memilih wiper untuk kendaraan anda.

Similar Posts