Indikasi Kerusakan Dan Cara Memperbaiki Shock Depan Mobil

Cara memperbaiki shock depan mobil penting untuk anda ketahui untuk memastikan kenyamanan saat berkendara jauh maupun dekat. Tidak jarang, ketika berkendara shock breaker ini mengalami gangguan terlebih ketika anda sering membawa muatan yang melebihi kapasitas. Gesekan yang dihasilkan bisa merusak komponen yang ada di dalam breaker dan membuat kerja rem tidak maksimal. Agar kondisinya tidak semakin parah, kita perlu memahami tanda kerusakan dan cara memperbaikinya.

Mengenal tanda masalah pada shock breaker depan mobil

Fungsi shock breaker atau sebagian orang mengenal sebagai shock absorber adalah sebagai peredam jika ada goncangan terutama saat melaju di jalan yang tidak rata atau bergelombang. Ketika shock breaker mengalami masalah, maka akan mengganggu kenyamanan berkendara. Berikut adalah rangkuman tanda kerusakan atau masalah pada shock breaker sebelum kita mencari tahu cara memperbaiki shock depan mobil.

  1. Oli yang bocor saat sedang parkir. Karet seal shock breaker yang robek akan menyebabkan oli keluar. Anda mungkin akan menemukan semakin kerasnya shock breaker atau bahkan macet saat dikendarai. Untuk itu, anda juga perlu membekali diri dengan cara mengatasi shock mobil keras tersebut.
  2. Bunyi decitan pada mobil bagian bawah. Shock breaker juga dapat mengeluarkan bunyi decitan saat melaju di tanjakan, di jalan berlubang, atau polisi tidur meski tidak terlalu tinggi. Ini bisa menjadi tanda masalah pada shock breaker, karena fungsi sebagai peredamnya semakin menurun.
  3. Menurunnya performa dalam mengerem. Karena normalnya, shock breaker dapat meredam yang seharusnya saat mengerem. Bila kinerjanya kurang maksimal dan stabil maka perbaikan sebaiknya segera dilakukan. 
  4. Kondisi kendaraan menjadi tidak stabil. Salah satu tanda lain adalah kondisi mobil miring atau tidak stabil. Jika begitu, segera cek shock breaker anda. Terutama di saat anda sedang membawa muatan berlebih.

Cara memperbaiki shock depan mobil dengan mudah

Cara memperbaiki shock belakang mobil ataupun shock depan mobil tidak terlalu susah sehingga dapat anda lakukan di rumah. Dengan begitu, kita tidak perlu risau dengan biaya shock depan mobil yang besar. Begitu anda merasakan bantingan yang tidak normal saat berkendara, segera lakukan pengecekan. 
Mulai perbaikan dengan mendongkrak mobil dan membuka roda. Mulai dari baut bagian bawah lalu ke baut bagian atas. Pasang pengganti shock yang sama dengan sebelumnya. Pastikan sudah memasang baut bagian atas tapi tidak perlu terlalu dikencangkan. Pasang kembali baut bagian bawah, gunakan kunci torsi agar lebih kencang. 
Nah, itu tadi cara memperbaiki shock depan mobil anda. Untuk selanjutnya, anda bisa mengatur muatan dengan bijak agar tidak sering terjadi masalah pada shock breaker kendaraan anda. Bagaimana menurut anda? Cukup mudah bukan? 

Similar Posts