Cara Memperbaiki Shock Belakang Mobil dengan Mudah dan Aman

Cara memperbaiki shock belakang mobil sangat perlu diketahui pengendara. Hal ini sangat dibutuhkan jika kondisi mobil mengalami kendala dan jauh dari bengkel. Shock belakang punya fungsi yang penting. Singkatnya, shock breaker punya fungsi sebagai peredam goncangan atau getaran-getaran. 
Pada umumnya, mobil tidak selalu berjalan pada area yang mulus, di saat tertentu mobil juga melaju di jalan yang rusak maupun bebatuan. Nah, di sinilah fungsi penting dari shock mobil. Kita tidak bisa membayangkan betapa goncangan akan sangat terasa tanpa adanya shock breaker. 

Penyebab Umum Kerusakan Pada Shock Belakang Mobil

Shock belakang memiliki peran penting untuk penumpang maupun pengendara dalam hal memberikan kenyamanan. Sayangnya, banyak dari kita yang masih menyepelekan dan menganggap biasa hal ini meski sudah merasakan hal yang tidak beres. Semakin anda membiarkan masalah yang anda, maka semakin berat perbaikan yang harus dilakukan.
Sebelum melihat lebih jauh cara memperbaiki shock belakang mobil, ada beberapa penyebab umum masalah pada shock breaker. Diantaranya, jika pengendara suka ugal-ugalan dalam berkendara dan shock breaker yang bengkok karena benturan maupun menabrak benda yang keras dan tumpul. 
Yuk, pahami beberapa list penyebab lain kerusakan pada shock belakang mobil.

  • Komponen atas shock breaker tidak terpasang sempurna.
  • Kotoran yang menempel pada shock breaker berpotensi menyebabkan kebocoran pada shock mobil.
  • Sering melebihi kapasitas standar muatan.
  • Ban mobil yang sudah tipis menimbulkan ketidakseimbangan terutama saat kondisi mobil berbelok.
  • Terlalu memaksakan kerja setir mobil (berputar melebihi batas khususnya saat dalam kecepatan tinggi).

Solusi dan Langkah Memperbaiki Shock Belakang Mobil

Ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan dalam memperbaiki kondisi shock mobil. Anda tidak perlu cemas, lakukan step-step berikut agar kerja shock mobil belakang tetap baik. 

  1. Masalah pada segel shock belakang dapat diatasi dengan mengganti segelnya saja. Sekaligus ganti oli shock breakernya terutama jika dinilai sudah cukup kotor. Dengan begitu anda tidak perlu membayar lebih mahal untuk harga service shockbreaker mobil.
  2. Berhati-hati dalam mengisi oli shock breaker. Memastikan jumlah oli di bagian kanan dan kiri terisi dengan seimbang. 
  3. Masalah pada sisi tabung shockbreaker seperti telah banyak tergores, maka anda dapat mengganti dengan yang baru. 

Setelah itu, anda bisa menjaga kinerja dengan shock mobil anda dengan melakukan perawatan rutin dan berkala. 
Nah, itu tadi cara memperbaiki shock belakang mobil dengan gampang. Selain itu, hal tersebut bisa anda coba untuk cara mengatasi shock mobil keras dan cara memperbaiki shockbreaker yang mati. Sekarang, anda bisa mencobanya sendiri. Cukup mudah bukan? Tinggalkan komentar anda di bawah ya.

Similar Posts