Tips Pembelian dan Cara Memperbaiki Shockbreaker Mobil

Cara memperbaiki shockbreaker mobil jenis apapun milik anda, perlu anda kuasai. Fungsinya, ketika anda dalam kondisi darurat, anda mengetahui persis hal apa yang harus dilakukan. Salah satu komponen yang menunjang kenyamanan kendaraan anda saat dikendarai adalah shockbreaker
Tetapi tahukah anda apa fungsi dari shockbreaker? Umumnya, fungsi dari shockbreaker adalah meredam goyangan yang terdapat pada kendaraan terutama saat menerjang jalan yang penuh batuan maupun bergelombang. Nah, komponen spiral dari shockbreaker ini dapat memberi rasa aman dan penumpang tetap merasa nyaman bahkan saat berada di medan yang tidak rata.

Ciri-ciri dan Cara Penggantian Shockbreaker

Bila ada kerusakan, mobil akan menunjukkan ciri masalah pada komponennya. Misalnya pada shockbreaker, ia akan terasa keras dan tidak nyaman saat dibawa berkendara. Kondisi yang parah tentu dapat membahayakan penumpang. Ada baiknya selain mengetahui cara memperbaiki soft breaker mobil anda juga mencari tahu ciri-ciri shockbreaker rusak. Salah satunya ialah kerusakan atau bocornya komponen piston road.  
Normalnya, piston road berguna sebagai konektor untuk piston dan tabung luar. Anda perlu waspada bila kondisinya sudah aus, tergores, atau ukurannya mengecil. Karena hal ini dapat berakibat oli dari dalam tabung dapat keluar lewat sela-selanya.
Cara perbaikannya bisa dibilang cukup mudah. Saat kinerjanya sudah menurun, segera ganti dan isi tabung dengan pelumas yang disarankan. Mengapa harus mengganti pelumas? Karena dikhawatirkan, pelumas lama sudah dalam kondisi kotor. 
Untuk jenis shockbreaker nya, anda dapat mencari dari bengkel resmi agar memiliki kualitas dan spesifikasi yang tepat. Salah membeli produk hanya akan membuat kondisi kendaraan anda memburuk, efeknya lebih banyak biaya perbaikan shockbreaker mobil yang harus dikeluarkan. 

Tips Seputar Pembelian Shockbreaker

Pada kasus tertentu, tidak semua shockbreaker dapat diperbaiki. Adakalanya anda harus melakukan penggantian. Nah, agar terjaga keawetannya, perhatikan tips pembelian shockbreaker berikut.

  • Tips yang terpenting adalah membeli sparepart shockbreaker yang asli. Jangan terkecoh harga murah tetapi belum teruji kualitasnya.
  • Anda wajib memperhatikan jenis shockbreaker pada mobil anda, apa tipe oli ataupun tipe gas. Pilih hanya sesuai dengan standar yang ada pada kendaraan anda agar apa yang anda butuhkan terpenuhi.
  • Nah, terakhir anda perlu menyayangi kendaraan anda dengan melakukan perawatan yang rutin. Ini juga salah satu cara membuat shockbreaker mobil empuk. Anda bisa mengonsultasikan pada orang yang lebih ahli.

Agar selalu terjaga dengan baik setiap komponennya, anda tidak hanya harus tahu cara memperbaiki shockbreaker mobil tetapi juga cara-cara perawatannya. Hal ini dimaksudkan agar kendaraan anda selalu dalam kondisi prima sehingga bisa memberi rasa aman dan nyaman. Nah, bagaimana menurut anda? Bermanfaatkah tips-tips di atas? 

About The Author

Reply