Inilah, 6 Penyebab Setir Mobil Bergetar Saat Jalan Kencang

Setir mobil bergetar saat jalan kencang tentunya tidak akan membuat anda nyaman untuk berkendara. Rasa was-was pasti akan selalu datang. Untuk itu, wajib kiranya untuk segera memerikasakan masalah tersebut. Meskipun sepele dan dapat diabaikan, jika dibiarkan bisa saja menjadi masalah yang besar. karena kenyamanan dalam berkemudi sangat penting.
Mobil bisa jadi limbung, karena setir mobil yang bergetar saat melewati jalan rusak atau di medan yang sulit. Akibatnya, mobil jadi tidak stabil dan bisa jadi penyebab mobil goyang kanan kiriNah, sebelum masalah pada mobil atau kendaraan anda memburuk, simak beberapa penyebab yang muncul pada setir mobil kenapa bisa bergetar saat jalan kencang. 

Mengapa Setir Kendaraan Bergoyang?

Saat anda terburu-buru sehingga harus ngebut atau berjalan kencang, tidak jarang menimbulkan getaran. Karena bisa mengganggu kenyamanan dan keselamatan penumpang dan pengemudi, anda perlu mengenali penyebabnya agar masalah teratasi. 

Roda Tidak Seimbang

Yang dimaksud kondisi roda tidak seimbang disini adalah goncangan yang terjadi saat mobil berjalan bahkan di jalan yang halus. Nah, jika getaran ini terjadi maka anda perlu mengecek kondisi roda mobil. Bisa saja ban sudah aus dan perlu adanya balancing

Velg Rusak

Selain ban, velg juga komponen penting yang perlu anda cek secara berkala. Deformasi pada velg bisa menyebabkan gangguan pada putaran. Nah, langkah yang perlu anda lakukan adalah memastikan velg dalam kondisi baik lalu lakukan balancing sehingga setir mobil bergetar ketika jalan kencang bisa terkendali.

Pastikan Kendaraan sudah Dilakukan Spooring

Jangan sepelekan hal ini jika terjadi goyangan pada saat anda berkendara. Karena mobil yang tidak di spooring menyebabkan mobil tidak dapat berjalan lurus. Untuk hal ini, direkomendasikan untuk mengecek dalam 6 bulan sekali terlebih untuk kendaraan dengan mobilitas tinggi.

Kondisi Ball Joint yang Memburuk

Anda perlu waspada jika sudah terdengar bunyi keras dan getaran pada roda. Jika ball joint telah oblak, performa roda mobil akan menurun. Segera lakukan pemeriksaan pada bengkel terpercaya.

Kerusakan pada Tie Rod End

Tie rod end akan memberi sinyal jika ada kerusakan dengan bunyi-bunyi tertentu. Anda perlu peka saat setir mobil bergetar saat jalan kencang maupun setir mobil bergetar saat belok. Hal ini bisa menyebabkan setir anda kesusahan kembali ke posisi semula setelah gerakan menikung. 

Masalah pada Rem

Anda bisa mengganti komponen-komponen rem yang sudah aus agar mobil melaju dengan baik. Segera lakukan pengecekan begitu setir mobil bergoyang di kondisi tertentu.
Jika setir mobil anda mulai sering bergoyang, jangan tunda untuk mencari tahu penyebabnya. Pemeriksaan rutin sangat disarankan untuk menjaga performa mobil anda. Begitu terasa setir mobil bergetar saat jalan kencang, bawa ke bengkel terdekat atau bengkel resmi untuk menghindari kondisi yang lebih buruk. Jadi, sudah tahu ‘kan penyebab setir mobil anda goyang? Jadi lebih waspada, bukan?

Similar Posts