Fungsi Karet Dudukan Per Keong untuk Kenyamanan Mengemudi

Fungsi karet dudukan per keong dan suspensi mobil secara umum sangat menunjang kenyamanan dan keamanan pada saat anda sedang berkendara. Salah satu tipe suspensi yang paling banyak digunakan adalah tipe per keong atau coil spring. Para pecinta otomotif maupun pemilik mobil seharusnya tahu tentang cara pasang per keong mobil, cara kerja, komponen, hingga fungsi dari karet dudukan per keong itu sendiri. 

Apa Itu Per Keong?

Sebagaimana telah disinggung di bagian pendahuluan, per keong merupakan salah satu tipe suspensi yang fungsi utamanya meredam getaran ketika mobil melewati jalanan yang tak selamanya mulus. 
Meski namanya “keong”, bentuknya justru hanya berupa busi spital yang sama sekali tidak seperti keong. Per keong dilapisi karet dudukan yang membuat guncangan berganti dengan ayunan yang empuk.

Apa Saja Komponen Per Keong?

Dalam memaksimalkan fungsinya, per keong didesain bersama dengan komponen pendukung berupa shock absorber yang menyatu dengan badan per. Tapi untuk model tertenti, ada pula yang shock absorbernya dibuat terpisah, meski fungsinya tetap sama. Komponen lainnya yakni karet dudukan per keong yang berfungsi meredam bunyi agar tidak bising ketika goncangan terjadi. 
Fungsi Karet Support Shockbreaker yang sangat strategis harus diimbangi dengan perawatan yang maksimal. Sebab dalam banyak kasus, per keong masih bagus, tapi karet dudukannya yang rentan kerusakan. Anda harus jeli mendeteksi ciri-ciri yang menandakan gejala kerusakan sehingga bisa cepat dalam melakukan penggantian atau perbaikan. 

Kapan harus Mengganti Per Keong?

Jika tidak disengaja untuk dipotong atau dimodifikasi, sebenarnya usia per keong sama dengan usia mobil. Maksudnya, keawetan per keong bisa sama dengan usia kendaraan. Yang mesti Anda perhatikan adalah karet support shockbreaker yang mungkin harus diganti jika terjadi kerusakan. Terlebih mengingat fungsi karet dudukan per keong yang tak kalah strategis.
Setelah Anda mengenal lebih lanjut tentang fungsi karet dudukan per keong, semoga Anda juga menjadi lebih bijak dalam penggunaan dan perawatannya. Pada akhirnya, mengemudi dengan mobil yang sehat akan berdampak baik untuk kualitas berkendara yang aman dan nyaman, bukan hanya bagi diri Anda, tapi juga untuk pengguna jalan lainnya. 
Nah itu tadi pembahasan tentang fungsi karet dudukan per keong ada yang sudah tahu untuk apa? Ternyata itu bisa jadi sumber nyaman atau tidaknya berkendara. 
Pada Artikel selanjutnya kita akan membahas cara menggunakan coil spring compressor karena tidak boleh sembarangan, menggunakan coil spring compressor harus dilakukan di bengkel. Karena bengkel harus selalu memperhatikan keamanan dalam bekerja, baik untuk komponen yang nantinya dikerjakan, sampai ke mekaniknya.

About The Author

Reply