Kenali Penyebab Setir Mobil Bergetar Saat Jalan Kencang.

Penyebab setir mobil bergetar tidak akan timbul apabila anda merawat mobil secara berkala agar tetap prima. Jika perawatan tidak dilakukan secara berkala, keseimbangan mobil menjadi bermasalah. Masalah itu dapat menimbulkan setir mobil bergetar saat kecepatan tinggi. Getaran mobil juga dirasakan pada kecepatan tertentu. 
Getaran mobil juga timbul saat mobil terdiam. Ada beberapa faktor dan penyebab mengapa terkadang mobil bergetar. Agar anda bisa melakukan tindakan pencegahan kerusakan mobil ada beberapa cara yang bisa anda lakukan. Kenali dulu faktor yang jadi pemicu setir mobil menjadi getar.

Agar anda tidak terlalu lama penasaran, simak informasi secara jelas dibawah ini. 

Kaki Mobil Mengalami Permasalahan.

Faktor berikut yang menjadi pemicu setir mobil bergetar adalah kaki mobil bermasalah. Biasanya ada beberapa komponen yang mengalami masalah aus pada kaki mobil diantaranya tie rod, ball joint dan racksteer. Komponen ini berhubungan dengan setir mobil.

Masalah pada Tekanan Angin Ban. 

Untuk mengetahui penyebab setir mobil bergetar kecepatan 60 km/jam, anda juga perlu memeriksa kondisi tekanan angin pada ban mobil. Hal inilah yang membuat mobil mengalami kelebihan atau kekurangan angin. Tekanan angin juga mendukung kinerja performa mobil itu sendiri. Angin yang cukup dapat mempengaruhi kinerja mobil secara maksimal. 

Kondisi Permukaan Tapak Ban.

Penyebab setir mobil bergetar kecepatan 60 km/jam berikutnya adalah permukaan tapak ban yang sangat tipis. Inilah yang membuat setir mobil bergetar saat digunakan berkendara dengan kecepatan 60 km/jam. Cek dan perhatikan TWI atau Tradewear Indicator yang terletak di sela-sela alur ban atau groove. 

Balancing dan Spooring.

Kondisi roda memang sesuai dengan bentukan pabrik. Bagian spooring berfungsi sebagai komponen yang digunakan untuk meluruskan posisi kedudukan. Ini mengembalikan posisi sudut empat roda mobil. Setelah memastikan penyebab setir mobil bergetar, dua roda dapat diatur dan diluruskan seperti posisi semula.
Sedangkan balancing merupakan komponen yang digunakan untuk menjaga keseimbangan siss roda sesuai titik-titiknya.
Nah, penyebab setir bergetar tidak akan menjadi masalah jika anda mengetahui awal sebabnya lebih dini, bukan? 

About The Author

Reply