Ini Tanda-tanda dan Penyebab Shock Depan Terlalu Empuk?

Penyebab shock depan terlalu empuk itu ada banyak faktornya. Namun hanya sebagian kecil orang saja yang tak menyadari bahwa ini akan menjadi masalah, bahkan mengancam jiwa pengemudi dan penumpangnya. Anda harus peka dalam mendeteksi kondisi mobil agar selalu bisa dipakai dengan aman dan nyaman, di mana shockbreakernya tidak terlalu keras maupun terlalu empuk. 
Mengetahui apa penyebabnya akan memudahkan kita untuk segera mencari jalan solusinya. Tapi tahukah Anda apa saja tanda-tandanya? Mari simak uraian berikut ini untuk mengetahui lebih lanjut seputar permasalahan shock mobil yang terlalu empuk.

Tanda-tanda dan Penyebab Shock Depan Terlalu Empuk.

Efek Oli yang Terlalu Encer

Salah satu penyebab shock depan terlalu empuk bisa jadi disebabkan oli shockbreaker yang sudah terlalu encer karena masa pakainya yang sudah lama. Anda akan merasakan kondisi mobil yang tidak stabil ketika melewati jalan berlubang, bergelombang, atau polisi tidur dan shock depan mobil bunyi jedak jeduk. Ketika shock depan terlalu empuk, mobil akan terasa mengayun dan terasa seperti ambles.

Efek Penurunan Kualitas Per

Penyebab shock belakang terlalu empuk, atau shock depannya, juga kemungkinan disebabkan efek penurunan kualitas per keong. Pemakaian yang sudah terlalu lama menyebabkan per keong menjadi sangat lentur sehingga daya topangnya dalam menahan tekanan jadi melemah. Anda harus melakukan pemeriksaan lanjutan terhadap semua komponen kaki-kaki mobil agar bisa segera mengambil langkah solusi.

Dampak Shock Depan Terlalu Encer

Efek oli shock depan terlalu banyak bukan hanya akan membuat mobil terasa ambles. Anda juga akan merasakan ban yang terasa seperti menyentuh spakbor. Hal ini disebabkan shockbreaker yang tidak lagi bisa meredam beban kendaraan serta goncangan. Ayunan mobil juga akan terasa lebih cepat karena pantulan suspensi mobil yang lebih dalam.
Ketika Anda sudah mendeteksi penyebab shock depan terlalu empuk, segeralah pergi ke bengkel langganan, atau bengkel yang Anda percaya untuk melakukan perbaikan. Anda bisa jadi harus mengganti komponen yang sudah usang, atau melakukan langkah modifikasi lanjutan. Jangan ragu untuk meminta rekomendasi dalam hal penggantian komponen yang original dan berkualitas tinggi.

About The Author

Reply