Solusi Mengatasi Shock Depan Mobil Bunyi Jedak Jeduk

Shock depan mobil bunyi jedak jeduk saat melaju? Tentunya kondisi ini membuat anda tidak fokus dan kurang nyaman. Umumnya, bunyi jedak-jeduk muncul dari arah kaki kendaraan. Nah, jika sudah mengetahui pasti penyebabnya, anda sebaiknya mengecek maupun melakukan penggantian. Dengan begitu kemampuan meredam goncangan saat melaju tetap normal. 
Lalu apa saja tanda-tanda yang bisa kita rasakan saat shockbreaker mengalami masalah atau kerusakan? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Tanda Kerusakan Shock Depan yang Perlu Anda Tahu

Ada beberapa tanda awal yang dapat dirasakan pengendara ialah terasa lebih kasar, keras, sistem kemudi berubah dari kondisi biasanya. Segera cek juga bila shock depan mobil yang bunyi pada bagian bawah mobil. Selain tanda diatas, anda juga perlu waspada dan segera melakukan pengecekan bila oli dalam shockbreaker levelnya berkurang dan encer. 
Pada dasarnya, tidak ada jangka khusus harus mengganti shockbreaker. Penggantian sangat berhubungan dengan pemakaian, semakin sering dipakai tentu berbeda dengan kendaraan yang jarang dipakai. Jenis shockbreaker ternyata juga mempengaruhi kinerja. 
Pada mobil jenis SUV, shockbreakernya lebih kuat dibanding pada mobil sedan jenis lain. Sedangkan, bagian yang bermasalah bisa sangat beragam dari komponennya seperti oli shock, gas, maupun seal

Langkah Pemeriksaan Masalah pada Shock Depan Mobil

Munculnya bunyi jedak-jeduk sangat mungkin terutama saat dikendarai dengan muatan lebih di jalan yang berlubang atau bergelombang. Nah, berikut sudah kami ringkas beberapa step memeriksa masalah pada shock mobil bunyi jedak jeduk.

  • Periksa jika kerja shockbreaker menurun. Biasanya akan berbeda dari kondisi normal. Karena kerjanya berkurang maka sangat wajar akan mengeluarkan bunyi jedak-jeduk. Cara memeriksanya cukup mudah, cukup dengan dikendarai di kecepatan rendah dan jalan yang lurus.
  • Periksa juga bushing arm yaitu bagian yang mempunyai peran sebagai peredam goncangan pada mobil. Periksa berulang jika terdengar suara berisik atau jedak-jeduk.
  • Langkah ketiga adalah cek bagian bushing stabilizer. Suara shock depan atau shock belakang bunyi jedak-jeduk mungkin juga muncul saat mobil melakukan mengerem. 
  • Yang terakhir, periksa ban mobil anda dengan melakukan rotasi. Kondisi ban yang aus juga bisa menyebabkan bunyi berisik. 

Nah, itu dia langkah memeriksa masalah pada shock depan mobil bunyi jedak jeduk dan tanda-tanda awal gangguannya. Sekarang anda bisa lebih waspada terhadap indikasi kerusakannya. Karena jika sudah begitu sering-sering lah mengecek kondisi mobil anda terutama pada bagian kaki-kaki mobil, dengan demikian kenyamanan pun akan Anda dapatkan pastinya.
pada artikel selanjutnya kita akam membahas tentang kaki-kaki mobil sedan bunyi, dalam artikel itu kita akan membahas bagaimana cara mendeteksi kerusakan pada kaki kaki mobil sedan yang bunyi sebellum kita membawa ke bengkel.

Similar Posts