Mendeteksi Kaki-kaki Mobil Sedan Bunyi dan mengatasinya

Kaki-kaki mobil sedan bunyi menandakan mobil tersebut tengah dalam kondisi “tidak sehat”. Memang bunyi-bunyi aneh yang terdengar pada kaki-kaki mobil saat dikendarai belum tentu membahayakan, namun menimbulkan ketidaknyamanan bagi si pengendara.  
Secara umum, permasalahan kaki-kaki pada mobil sedan bunyi disebabkan oleh kerusakan komponen suspensi. Berikut cara mendeteksi kerusakan kaki-kaki mobil yang bisa Anda lakukan sendiri sebelum dibawa ke bengkel:

Mendeteksi Kaki-kaki Mobil Sedan Bunyi

Ball Joint

Apabila Anda membelokkan mobil lalu terdengar suara kletek-kletek, maka kemungkinan besar kerusakannya berpangkal di bagian ball joint. Guna mengatasi bunyi kletek-kletek di area tersebut  mobil harus didongkrak tinggi hingga posisi ban tergantung dan bisa berputar bebas. 
Letak kedua telapak tangan Anda di bagian bawah dan atas ban, lalu dorong dan tarik roda. Apabila ban terasa oblak, tandanya Anda perlu menyiapkan biaya perbaikan kaki-kaki mobil agar bisa segera dibawa ke bengkel.

Bearing

Pusat kerusakan kaki-kaki mobil juga bisa juga berasal dari bagian bearing. Kerusakan bearing ditandai dengan adanya dengung pada ban depan, terutama saat mobil melaju dalam kecepatan rendah. Penanganannya tak jauh beda dari poin sebelumnya.
 Mobil harus didongkrak hingga posisi roda tergantung. Kemudian putar kencang roda. Jika suara dengung masih terdengar, saatnya bearing harus segera diganti.  

Tie Rod

Selain di ball joint dan bearing, kerusakan mungkin terjadi pada komponen tie rod. Komponen ini berfungsi sebagai pengikat roda yang terhubung langsung dengan setir. Sehingga mobil bisa dibelokkan dengan lancar. Ketika tie rod rusak, gerak kemudi jadi tidak terkendali dan menimbulkan semacam bunyi klutuk-klutuk. 
Untuk mengetahui kondisi tie rod yang sebenarnya, mobil perlu didongkrak dalam posisi tinggi. Putar roda dari belakang ke depan. Bila bunyi masih tetap terdengar, silakan lakukan penggantian tie rod.
Setelah tahu sumber kerusakan pada kaki-kaki mobil sedan bunyi, Anda jadi bisa mempertimbangan kapan mobil perlu dibawa ke bengkel. FYI, biaya perbaikan kaki-kaki mobil umumnya berkisar antara 800 ribu-2 juta rupiah, tergantung tingkat kesulitan pengerjaannya. Semoga informasi ini bisa jadi gambaran untuk Anda yang punya masalah serupa. 
Pada artikel selanjutnya kita akan membahas tentang Shockbreaker belakang Avanza yang bagus. Dalam artikel itu akan di jelaskan bagaimana membuat suspensi avanza jadi lebih empuk dan bagaimana mengganti shockbreaker anda sendiri.

Similar Posts