Kenali 3 Penyebab Mobil Limbung Alias Body Roll Saat Jalan

Penyebab mobil limbung harus diketahui apa yang menjadi faktor penyebabnya. Pastinya pada kondisi tertentu pengemudi pasti mengalami mobil limbung atau body roll. Jangan disepelekan! Kendaraan harus prima apalagi ketika akan dibawa ke luar kota atau menempuh perjalanan jauh.

Apa itu Mobil Limbung?

Mobil limbung atau body roll adalah kondisi ketika mobil terasa melayang ketika melewati jalan yang berlubang dan pada saat di tikungan atau belokan dan juga ketika dibawa untuk perjalanan jauh. Misalnya ketika melewati jalan yang penuh lubang guncangan mobil terasa berlebih dan saat mobil berbelok ke arah kiri, namun pengemudi merasa mobil berbelok lawan arah, yaitu ke kanan. Demikian pula sebaliknya.
Mobil limbung atau dalam dunia otomotif disebut body roll sering dialami oleh mobil dengan body tinggi. Misalnya saja jenis SUV atau minibus. Kedua jenis mobil tersebut paling sering mengalami mobil limbung atau mobil terasa melayang.

Apa sih Penyebab Mobil Limbung?

Jika Anda pemilik mobil berbody besar, wajib tahu apa yang menjadi penyebab mobil jadi limbung. Mobil limbung atau body roll secara umum disebabkan oleh adanya gaya sentrifungal. Gaya tersebut terjadi jika mobil berbelok dalam kecepatan tinggi.
Akan tetapi, ada yang menjadi penyebab mobil menjadi limbung, antara lain:

Shock Absorser Lemah

Shock absorser berfungsi sebagai peredam gerakan osilasi mobil ketika melintasi jalanan yang tidak rata atau berbelok tajam. Apabila kondisi shock absorser mulai melemah, artinya tidak ada lagi yang merespons dengan baik gerakan osilasi pada mobil. Maka sangat mungkin terjadi mobil seperti melayang.

Karet Bushing Suspensi Aus

Anda juga harus memperhatikan kondisi karet bushing suspensi. Sebab karet dalam kondisi aus atau longgar bisa menyebabkan body roll. Kondisi ini juga disebabkan oleh pemakaian yang lama. Karet bushing suspensi terdiri dari lower arm, upper arm, dan stabilizer ban.
Jika kondisinya sudah longgar maka perubahan sudut kemudi menjadi tidak teratur. Inilah yang menjadi penyebab mobil menjadi limbung.

Tekanan Angin Ban Berkurang

Ini adalah faktor mobil jadi limbung paling sering dialami oleh pengemudi. Pengemudi harus tanggap ketika merasa ada yang aneh pada mobil terutama ketika berbelok, itu artinya ada kemungkinan tekanan ban berkurang. Itu sebabnya perlu memeriksa kondisi ban sebelum pergi agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan yang di sebabkan tekanan angin pada ban berkurang sehingga terasa mobil limbung atau mobil goyang seperti ban kempes .
Kesimpulannya, penting bagi pemilik mobil untuk mengetahui penyebab mobil limbung karena pastinya pada kondisi tertentu pengemudi pernah mengalami mobil tiba-tiba oleng alias limbung

Similar Posts