Cari Tahu Penyebab Roda Depan Mobil Bunyi Saat Belok

Roda depan mobil bunyi saat belok menjadi satu masalah besar jika anda sedang melakukan perjalanan liburan atau bekerja. Namun, masalah itu bisa jadi timbul karena mobil tidak dirawat dengan baik.

Begini alasan roda depan mengalami permasalahan.

Adanya Masalah pada Joint

Salah satu permasalahan yang terjadi ketika roda depan mobil bunyi saat belok adalah permasalahan pada joint. Ball joint yang terdapat pada lower arm mengalami keadaan kocak. Selain itu pelebaran bagian stabilizer yang ditemukan di lower arm mengakibatkan ball joint mengalami oglak. 
Pada beberapa jenis mobil tertentu masih ditemukan kelonggaran baut ball joint. Ini bisa jadi akibat dari kurangnya ketelitian saat bekerja.

Kendala pada Bagian Power Steering

Bunyi oglek atau klotak-klotak juga disebabkan adanya kerusakan pada bagian power steering. Biasanya power steering bunyi saat belok patah. Kerusakan biasanya ditemukan pada bagian pompa. Biasanya kerusakan ditemukan saat anda sedang mengemudi. Apa setir berat atau tidak saat dikendalikan? 
Tidak hanya itu saja, alasan yang menyebabkan power steering bunyi saat belok patah adalah:

  • Adanya kebengkokan yang ada pada poros rack.
  • Alat gear yang kurang diisi oleh pelumas. 
  • Ditemukan kerusakan pada pinion. Bisa jadi rack mengalami aus sehingga menimbulkan pelebaran pada celahnya. 

Roda yang Tidak Seimbang

Anda perlu mengenal istilah FWA atau front wheel alignment. Definisi ini digunakan dengan tujuan mengembalikan posisi roda supaya antara roda kiri dan kanan dapat seimbang. Biasanya FWA memang dipasang dari pabriknya. Namun, karena suatu hal seperti roda mengalami keausan yang menyebabkan FWA menjadi tidak balance.
Selain itu, permasalahan ini juga menjadi penyebab roda depan mobil menjadi bunyi ketika belok berikutnya. Untuk itu, anda bisa melakukan rotasi dengan cara menukar roda depan dengan roda belakang secara seimbang. Hal ini untuk mencegah terjadinya roda depan mobil menjadi bunyi ketika belok tidak terjadi lagi.
Memang permasalahan ini terkadang timbul pada mobil yang menggunakan suspensi mcpherson. Suspensi ini dapat berubah sudutnya saat belok, misalnya Avanza. Akan tetapi, suara muncul biasanya untuk sementara waktu saja. 
Kesimpulan : Roda depan mobil bunyi saat belok menjadi satu masalah besar jika anda sedang melakukan perjalanan liburan atau bekerja. Keselamatan adalah yang utama ketika masalah tesebut muncul. Jangan sampai diabaikan ya!
Pada artikel selanjutnya kitta akan membahas cara mengatasi shockbreaker belakang terlalu empuk sangat banyak yang ingin tahu caranya. Karena ini berkaitan dengan suspensi mobil dan kenyamanan saat berkendara, terutama ketika melewati jalanan terjal, berlubang atau berbatu.

Similar Posts