Bunyi Gluduk pada Roda Depan Mobil saat Lewat Jalan Rusak

Bunyi gluduk pada roda depan mobil saat jalan sebetulnya bukan hanya dapat dialami mobil MPV dan SUV saja tetapi pada mobil-mobil lain juga yang menggunakan spring buffer. Bunyi yang terdengar mengindikasikan adanya kerusakan. Sumber kerusakannya sendiri cukup beragam.  Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa penyebab roda depan mobil bunyi tek tek saat lewat jalan rusak.

Penyebab bunyi pada roda depan saat melewati jalan rusak.

Ball Joint Oblak

Sumber permasalahan paling umum terletak pada bagian ball joint. Ball joint ini semacam engsel yang memungkinkan roda mobil bisa berbelok dengan sempurna tanpa menimbulkan decit atau suara-suara ganjil lainnya. Terbayang jika engsel ini rusak maka roda dan setir akan sulit dikendalikan. 
Untuk mengetahui kondisi ball joint, Anda perlu melakukan pembongkaran pada bagian depan mobil. Ini akan menguntungkan jika Anda yakin bisa memperbaikinya sendiri. Tapi jika tidak, sebaiknya bawa saja ke bengkel resmi terdekat. 

Shock Absorber Tidak Berfungsi

Shock absorber yang tidak lagi berfungsi dengan baik alias mati juga bisa menimbulkan masalah berupa bunyi gluduk pada roda depan mobil. Shock absorber berisi fluida di dalamnyaa. Akan tetapi, fluida berisiko mengalami kebocoran. Akibatnya, piston membentur shock absorber dan terciptalah bunyi gluduk-gluduk saat mobil dijalankan. 

Karet Shock Breaker Sudah Aus/Tipis

Sumber permasalahan roda depan berbunyi juga bisa berasal dari karet shock breaker. Karet shock breaker ini terletak pada ujung atas shock breaker atau di bawah kaca depan mobil. Untuk beberapa tipe mobil, karet ini mudah terlihat bila kap mesin dibuka. Namun, untuk tipe lainnya baru bisa terlihat jika bagian windshield cover dibuka. 
Karet ini bekerja sebagai batalan yang menyempurnakan fungsi shockbreaker. Seiring pemakaian, karet ini akan menipis. Efeknya akan timbul bunyi gluduk-gluduk saat mobil dijalankan pada lintasan bergelombang. 

Bushing Lower Arm Robek/Rusak

Bushing lower arm adalah komponen yang berguna sebagai bantalan antara lower arm dan chasis mobil. Seiring pemakaian, komponen ini sangat berpotensi robek. Jika hal itu terjadi, maka akan timbul bunyi gluduk pada roda mobil Innova Anda.
Nah, sudah tahu dimana sumber masalah bunyi gluduk pada roda depan mobil Innova, bukan? Segera lakukan perbaikan sebelum kerusakan bertambah parah.

About The Author

Reply