4 Hal Ini yang Menyebabkan Mobil Bunyi Cit Cit Saat Belok

Mobil bunyi cit cit saat belok mendadakan adanya suatu permasalahan pada mobil anda. Tentunya suara cit cit ini sangat mengganggu kegiatan anda dalam perjalanan. Tidak hanya menganggu perjalanan saja, suara ini juga dapat membuat anda khawatir tentang masalah yang terjadi pada mobil yang anda kendarai.
Tidak hanya itu saja, mobil dengan suara cit cit bisa saja bukan saja karena penyebab mesin atau komponen yang bermasalah tetapi bisa saja disebabkan pada roda, baik roda depan mobil bunyi saat belok atau roda belakang yang bunyi. Terkadang bukan masalah besar walaupun hanya suara saja. Namun, suara yang cukup memekik ini justru menjadi gangguan bagi para pengendara mobil apalagi jika anda bepergian sambil membawa anak kecil. Penasaran dengan penyebabnya kan? Berikut informasi lebih jelasnya.

4 Hal yang Menyebabkan Mobil Bunyi Saat Belok

Memiliki Tipe Suspensi Mc Person

Biasanya jenis mobil dengan suspensi Mc Person memiliki kelemahan mobil bunyi tek tek saat  belok. Ini karena mobil dengan spesifikasi seperti ini hanya memiliki satu buah arm saja. Jadi, saat mobil sedang berbelok bentuk sudut camber juga berubah. 

Kekurangan Tekanan Angin pada Ban

Tekanan angin yang kurang menyebabkan mobil bunyi tek tek saat belok. Bunyi berdecit memang timbul karena gaya gesek tekstur ban dengan aspal. Biasanya tekanan ideal mobil diperkirakan antara 29-33. Oleh karena itu, tekanan standard mengisi angin dimulai antara 32-34 PSI. 

Setir Memiliki Sudut Belok yang Terlalu Banyak

Hal ini juga menimbulkan power steering bunyi saat belok patah. Masalah ini terkadang juga disebabkan oleh pompa power steering yang mengalami oblak. Power steering bunyi ketika belok patah ini menyebabkan bunyi yang dengung dan berdecit. Mobil berbunyi saat berbelok atau melewati tanjakan. 

Kurang Tepatnya Sudut yang Ada pada Roda Mobil

Mobil cit cit saat belok ini juga karena alasan roda mobil memiliki sudut yang tidak tepat. Kasus tidak tepatnya sudut roda yang ada pada kemudi biasanya disebut dengan Spooring. Faktor ini biasanya disebabkan oleh rolling camber atau toe-in yang kurang tepat. 
Nah,sebelum mengetahui masalah mobil yang lebih jauh lagi, anda harus memahami asal bunyi dan gejalanya dulu. Mobil bunyi cit cit saat belok biasanya terjadi masalah pada roda atau kemudinya. Namun agar pasti, sebaiknya diperiksakan ke bengkel terpercaya saja.

About The Author

Reply