Inilah 3 Penyebab Mobil Oleng Saat Kecepatan Tinggi

Mobil oleng saat kecepatan tinggi hampir pasti pernah dialami? Sedapat mungkin permasalahan ini jangan dibiarkan terlalu lama. Pasalnya, dapat membahayakan keselamatan Anda saat berkendara.
Mobil oleng ini sering terjadi pada mobil yang berbody besar seperti mobil bus dan truk tetapi mobil-mobil SUV juga sering terjadi oleng saat dikendarai seperti, Innova, avanza dan mobil SUV lainnya. Khusus untuk mobil innova, kami akan membahas penyebab innova limbung pada artikel selanjutnya. Penyebab mobil oleng saat kecepatan tinggi bisa dipicu oleh beragam sebab. Supaya tahu cara mengatasinya, kenali dulu apa penyebabnya. Berikut sebagian kecilnya. 

Terjadi Deformasi pada Suspensi

Sistem suspensi yang mengalami deformasi atau perubahan bentuk ditunjuk sebagai penyebab yang paling sering muncul dalam problem mobil oleng/limbung. Sistem kemudi jadi bermasalah akibat adanya kerusakan pada stabilizer ban. Bisa berupa shorb absorbernya rusak atau stabilizer bannya tertekuk. 
Karenanya, cek kualitas ban dan poros roda secara berkala. Idealnya, ban perlu diganti baru tiap 3 tahun sekali. Sekalipun ban masih tebal, namun kestabilan ban akan berkurang dalam pemakaian lebih dari 3 tahun. Selain itu, untuk daya cengkram yang kuat dan kestabilan kemudi, usahakan menggunakan ban berukuran besar. 

Karet Bushing Suspensi Rusak

Mobil oleng saat kecepatan tinggi juga bisa dipengaruhi oleh kerusakan pada bushing suspensi. Contohnya seperti kerusakan di sudut caster dan camber. Bushing berguna untuk menopang alat-alat suspensi agar sistem kemudi tetap stabil. 
Kerusakan bushing tidak boleh dibiarkan lama karena sangat membuat sistem kemudi sulit dikontrol terlebih saat melaju kencang. Maka, segeralah melakukan pergantian bushing. Kabar baiknya, kini sudah tersedia bushing berbahan sintetis yang lebih tahan lama. 

Ban Kurang Angin

Ban kurang angin turut mengakibatkan mobil oleng. Muatan udara dalam ban harus dalam kondisi pas. Jika terlampau padat, ban jadi keras dan gerakan mobil terasa kaku saat dikendarai. Namun, bila kekurangan volume udara justru lebih membahayakan. Bagian tepi ban akan lebih cepat terkikis oleh aspal dan sangat mungkin mengalami pecah ban. 
Maka pastikan muatan udara dalam ban mobil Anda pas. Lakukan pengisian angin saat Anda merasa mobil mulai bergoyang ketika melaju kencang. 
Demikian 3 penyebab mobil oleng saat kecepatan tinggi. Di luar daripada itu, Anda bisa mendapatkan informasi lebih dalam lagi dari montir-montir andal di bengkel resmi kepercayaan Anda.

About The Author

Reply