Ketahui, 4 Penyebab Mobil Goyang Pada Kecepatan Rendah

Penyebab mobil goyang pada kecepatan rendah mungkin jadi salah satu masalah yang sedang Anda hadapi saat ini. Perkara mobil oleng saat kecepatan tinggi atau rendah saat dikendarai memang bukan sesuatu yang langka terjadi. Namun, tidak bisa dianggap sepele. Sebab selain mengurangi kenyamanan, masalah ini juga berisiko menimbulkan kecelakaan di jalan raya. Lantas, apa yang menjadi pemicu mobil goyang pada saat melaju kecepatan rendah? Ini jawabannya: 

Kerusakan di Sektor Mesin

Kondisi mesin sangat mempengaruhi performa mobil secara keseluruhan. Bila sektor mesin bermasalah, mobil bukan hanya mogok tapi juga terasa oleng ketika dikendarai. Kerusakan pada sektor mesin bisa dipicu oleh komponen EM (Engine Mouting) yang sudah kedaluwarsa akibat pemakaian yang terlalu lama. Komponen EM bekerja ekstra menahan gerakan dari mesin kendaraan bila Anda terlalu sering melakukan akselerasi dan deselari secara mendadak. 

Kondisi Ban Sudah harus Diganti

Ban kendaraan apapun jenisnya memerlukan penggantian secara berkala, maksimal 3 tahun sekali. Bahkan untuk mobil yang jarang dipakai sekalipun. Sebab, lewat daripada itu ban tidak lagi memberikan kenyamanan secara optimal. 
Seiring pemakaian, permukaan ban menjadi bergelombang. Juga gundul akibat terus-menerus bergesekan dengan aspal atau lintasan berbatu maupun bergelombang. Permukaan ban yang sudah tidak rata lagi mengganggu keseimbangan mobil baik saat melaju dalam kecepatan rendah maupun tinggi. 

Kampas Kopling Aus

Penyebab mobil goyang pada kecepatan rendah juga bisa berasal dari kampas kopling. Kopling terdiri atas 3 komponen penting, yakni flywheel, kampas kopling, serta penutup kampas kompling. 
Dari ketiga komponen tersebut, kerusakan flywheel-lah yang jadi biang dalam permasalahan ini. Kemungkinan permukaan flywheel sudah tidak rata lagi/aus sehingga perlu diganti baru. Untuk mengetahui kondisi permukaan flywheel, Anda bisa mengeceknya menggunakan alat yang dinamakan dial gauge. 

Cross Joint Propeler Shaft Macet

Cross joint propeller shaft berfungsi mendistribusikan energi yang berasal dari transmisi menuju garden. Jika bagian ini macet, maka energi yang tersalurkan ke badan mobil tidak maksimal sehingga timbullah getaran walau dalam kecepatan rendah sekalipun. Yang lebih fatal, berisiko menyebabkan mobil terbakar. Karenanya penting melakukan pengecekan pada cross joint untuk mengetahui tingkat kelayakannya. 
Seperti itulah sebagian kecil dari penyebab mobil goyang pada kecepatan rendah. Tak ada salahnya rutin melakukan servis di bengkel agar mobil Anda awet dan kenyamanan berkendara tetap terjaga.

About The Author

Reply