Segera Cek, Inilah Faktor Penyebab Mobil Goyang Saat Jalan

Faktor Penyebab mobil goyang saat jalan harus segera diketahui untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan dan mengancam keselamatan pengemudi. Ketidakwajaran itu bukan hanya terjadi pada mobil-mobil tahun rendah, tapi juga mobil keluaran baru sekalipun.  Lantas, apa saja sih yang menjadi penyebab mobil goyang saat jalan?

Berikut penyebab mobil goyang saat jalan.

Ban Bermasalah

Permasalahan pada ban bisa menjadi faktor yang menyebabkan mobil bergoyang saat jalan yang paling umum. Bisa jadi tekanan udara ban kurang atau kita kenal dengan istilah gembos. Mungkin pula karena permukaan ban sudah tipis/aus akibat pemakaian yang terlalu lama. Kemungkinan lain, ada salah satu sisi ban yang tidak rata atau mengalami benjolan. Ketidaksempurnaan ban mengakibatkan mobil goyang saat kecepatan rendah, terutama bila dipacu dengan kecepatan diatas 80-90 KM/jam sehingga pengemudi akan merasakan ketidaknyaman dalam berkendara.

Kampas Rem Perlu Diganti

Tiap Anda menginjak pedal rem lalu terdengar bunyi berdecit dan disusul oleh getaran pada mobil, maka kemungkinan besar pusat permasalahannya berada pada bagian rem. Kampas rem yang telah menipis dapat menimbulkan bunyi serta getaran yang tidak wajar. Begitu juga jika permukaan cakram rem tidak lagi presisi dan kotor. Berarti sudah waktunya bagian ini mendapat perhatian lebih.

Kerusakan Komponen Suspensi

Mobil dirakit atas sejumlah komponen suspensi yang terstruktur. Satu komponen saja yang bermasalah/rusak, maka efeknya dapat mempengaruhi kenyamanan berkendara. Permasalahan pada komponen suspensi bisa disebabkan oleh beberapa faktor yakni usia pemakaian, cuaca, dan pemasangan yang tidak tepat.
Seiring berjalan waktu, karet-karet atau pelumas yang menjadi connector antar bagian suspensi akan rusak/menipis. Perubahan cuaca yang ekstrim juga dapat menjadikan karet tersebut getas sehingga elastisitasnya berkurang. Begitu juga jika pemasangan komponen-komponen tersebut kurang kencang, maka mobil akan terasa bergoyang-goyang ketika dijalankan.

Mesin Bermasalah

Sektor yang turut memicu mobil bergoyang tidak wajar berasal dari mesin. Permasalahan mesin yang dimaksud bisa menyangkut sistem kelistrikannya, kompresi, setelan mesin, hingga kopling yang sudah harus diganti baru.
Itulah beberapa penyebab mobil goyang saat jalan. Untuk kenyamanan berkendara dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya lakukan servis kendaraan secara berkala di bengkel resmi terdekat.

About The Author

Reply