Cara Kerja Suspensi Udara Mobil dan Biaya Pemasangannya

Suspensi udara mobil tentunya bagian yang penting dalam mendukung kerja mobil anda. Sebelum lebih jauh membahas bagaimana cara kerja dari suspensi udara, nah kita pahami dulu apa fungsi umum dari suspensi udara. Umumnya, suspensi udara memiliki peran sebagai peredam hentakan atau goyangan sehingga mobil menjadi tidak limbung dan lebih stabil. 
Penyebab mobil limbung ini biasanya muncul saat mobil melewati bagian jalan yang tidak rata atau bergelombang. Seiring berjalannya waktu, banyak jenis dan tipe suspensi yang memiliki fungsi masing-masing. Salah satunya kita mengenal suspensi udara atau air suspense. Bagaimana prinsip kerja dari suspensi udara ini? Yuk, kita simak artikel berikut ini.

Mengenal Cara Kerja Suspensi Udara

Suspensi udara adalah salah satu jenis suspensi mobil yang populer dan unik. Dengan menggunakan tipe suspensi ini, anda dapat dengan leluasa menentukan dan mengatur ground clearance. 
Suspensi ini juga salah satu yang paling digemari oleh pemilik mobil yang menyukai modifikasi. Bentuknya sendiri biasanya menyerupai balon udara yang dapat diatur level kekerasannya, tipe seperti ini dinilai lebih fleksibel dibanding dengan suspensi berbahan baja.
Suspensi udara yang sudah modern biasanya menggunakan sistem komputer jadi lebih mudah diatur menyesuaikan kondisi jalan yang kita lewati. Dalam hal modifikasi, tipe ini dipilih karena punya tampilan yang jauh lebih sporti. Selain itu, kerja mobil juga terbantu karena sistem kemudi lebih stabil. 
Sayangnya, ada keburukan air suspension pada modifikasi ini. Mobil ceper dirasa kurang cocok mengingat jalan yang dilalui tidak selalu rata. Jika untuk pemakaian sehari-hari pasti cukup mengganggu. 

Biaya Pemasangan Suspensi Udara

Meski banyak kelebihannya, biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli suspensi mobil terbilang tidak murah. Setidaknya untuk dua titik, bisa menghabiskan sekitar tiga puluh juta rupiah. Belum lagi harga air suspension mobil 4 titik, anda bisa menghitungnya sendiri. 
Itulah sebabnya, pemasangan suspensi udara ini cocok untuk penggiat modifikasi mobil. Karena mobil seperti ini biaya diperuntukkan untuk perlombaan mobil dibanding untuk perjalanan sehari-hari.
Nah, demikian ringkasan cara kerja dan kisaran biaya pemasangan dari suspensi udara mobil. Bagaimana menurut anda? Apa anda tertarik untuk membelinya juga? Anda bisa membagi pengalaman anda pada kolom komentar berikut ini. Semoga bermanfaat.

About The Author

Reply