Ban Belakang Mobil Bunyi Tek-tek saat Melewati Jalan Rusak

Ban belakang mobil bunyi tek-tek? Ini mungkin pengalaman pertama yang dirasakan pada mobil Anda setelah sekian lama masa pemakaian. Namun tidak perlu panik. Bunyi abnormal tersebut justru merupakan pertanda mobil butuh perhatian lebih. Mungkin selama pemakaian Anda memang jarang membawa mobil ke bengkel untuk diservis 
Ban belakang mobil bunyi tek-tek menandakan bahwa ada suatu kerusakan cukup berarti di salah satu/beberapa komponen mobil. Sebelum kerusakan tersebut bertambah parah, maka segeralah servis mobil Anda ke bengkel resmi terdekat. 

Adapun penyebab ban belakang terdengar bunyi tek-tek antara lain sebagai berikut.

Rear Stabilizer Lemah

Beberapa jenis mobil menggunakan suspensi belakang bertipe full independent dan penggerak depan. Untuk mobil jenis seperti ini selalu dilengkapi dengan rear stabilizer bar yang gunanya untuk menjaga agar poros roda kiri dan kanan pada bagian belakang tidak keluar terlalu jauh. 
Hanya saja sewaktu-waktu rear stabilizer bisa melemah seiring pemakaian. Jika engselnya melemah maka akan terdengar bunyi tek-tek atau semacam gemuruh dari ban belakang. Problem ini dapat diatasi dengan cara mengganti rear stabilizer baru. 

Shock Absorber Rusak

cara kerja shock depan atau belakang untuk mencegah keolengan yang ditimbulkan dari beban oksiliasi suspensi. Secara normal, komponen berbentuk tabung ini akan amblas secara perlahan-perlahan jika kita cukup kuat menekannya. Mirip seperti pegas. Tapi, jika shock absorber telah rusak/mati, maka daya tahannya sudah habis total sehingga mengakibatkanya langsung amblas ketika mendapat tekanan. 
Kerusakan shock absorber menyebabkan komponen-komponen yang terdapat di dalamnya saling berbenturan sehingga menimbulkan bunyi-bunyi yang tidak biasa. 

Bushing Arm Retak/Pecah

Beban bushing arm memang cukup berat. Bagian ini berguna sebagai tumpuan agar stabilizer kanan dan kiri tidak langsung bersentuhan dengan mobil. Seiring pemakaian, karet bushing arm akan retak atau pecah karena beban oksilasi roda yang terus menerus.
Bila bushing arm ini rusak atau minimal retak, secara otomatis batang stabilizer akan oblak. Selanjutnya, bakal terdengar bunyi-bunyi anek seperti “tek-tek” pada ban belakang mobil. 
Itulah beberapa gambaran sebab ban belakang mobil bunyi tek-tek. Segera servis mobil Anda agar gejala kerusakan ini tidak berkelanjutan. 

About The Author

Reply