Berikut Fungsi dan Cara Menggunakan Coil Spring Compressor

Cara menggunakan coil spring compressor tidak boleh sembarangan, harus dilakukan di bengkel. Karena bengkel selalu memperhatikan keamanan, baik untuk komponen yang nantinya dikerjakan, sampai ke mekaniknya. Coil spring compressor sendiri merupakan suatu alat khusus yang berada di bengkel otomotif. Yang mana sering juga disebut sebagai salah satu komponen service special tool atau SST yang berfungsi untuk mempermudah serta mempercepat pekerjaan di bengkel. 
Berbicara mengenai coil spring compressor, alangkah baiknya pula berbicara mengenai cara penggunaannya. Kegunaan coil spring compressor akan berbeda-beda berdasarkan macam bentuk dan jenisnya. Di mana yang paling umum dan digunakan di banyak bengkel ialah model ulir yang bercakar disetiap ujungnya.

Cara Menggunakan Coil Spring Compressor Model Ulir

Cara untuk menggunakan coil spring compressor dengan model ulir ini sangatlah mudah, Anda hanya perlu memasangkan cakar-cakarnya pada pegas coil yang terdapat pada shockbreaker di kedua sisinya yang berlawanan. Selanjutnya, putar baut dan ulir pada coil spring compressor untuk menekan pegas menggunakan socket dan ratchet atau kunci pas.
Jika baut serta ulirnya diputar, ukuran jarak antara cakar yang satu dengan yang lainnya akan lebih pendek atau panjang. Dari cara dalam memakai coil spring compressor yang sudah diulas, perlu juga Anda ketahui, jika baut dan ulir tersebut diputarkan ke arah kanan, cakar pun akan semakin memendek.
Dan sebaliknya juga ketika diputar ken arah kiri, maka cakar akan semakin memanjang. Saat cakar mulai berada dalam posisi memendek, maka Anda bisa menekan pegas coil. Begitu pun saat cakar dalam posisi memanjang, pegas coil akan bebas dari tekanan.

Fungsi Penggunaan Coil Spring Compressor

Setelah Anda mengetahui cara menggunakan coil spring compressor, alangkah baiknya jika Anda juga mengetahui fungsi dari penggunaannya. Di mana fungsi dari penggunaan coil spring compressor ialah sebagai alat penekan coil spring agar ukurannya dapat menjadi lebih pendek dari semula. Sehingga pekerjaan dari para mekanik saat mengganti shockbreaker akan jadi jauh lebih mudah.
Coil spring compressor merupakan alat khusus yang digunakan untuk memberikan penekanan pada pegas coil yang ada di komponen shockbreaker dengan coil spring. Yang mana ketika ukuran pegas memendek, akan sangat mempermudah proses pembongkaran serta pemasangan dari shock absorber dengan lebih cepat.

About The Author

Reply