Ketahui Penyebab Mobil Jalan Terasa Goyang Saat Belok

Penyebab mobil jalan terasa goyang saat belok bisa terjadi oleh banyak faktor. Selain human error, kondisi kelayakan kendaraan yang digunakan juga bisa jadi faktor pemicunya. Contohnya, mobil tidak stabil saat dikendarai. Sampai saat ini, penyebab jika mobil jalannya terasa goyang masih terus dicari oleh para mekanik untuk menemukan letak-letak kejanggalannya.  Nah, apa saja sih penyebab mobil jalan terasa goyang saat belok?

Berikut penyebab mobil goyang saat belok yang sering terjadi :

Terjadi Kerusakan Pada Mesin

Kerusakan pada mesin ditunjuk sebagai penyebab mobil bergoyang saat jalan. Kerusakan ini bisa disebabkan karena bawaan pabrik, bisa pula karena pemakaian yang tidak wajar. Bila itu bawaan pabrik, ketidakstabilan akan terasa sejak pertama kali mobil digunakan. 
Cobalah melakukan pengujian/pengecekan langsung pada kondisi busi dan aki. Bila ditemukan percikan api di sekitar komponen tersebut, maka kemungkinan besar masalahnya berada pada ketimpangan antara kombinasi udara dan bahan bakar atau tekanan bahan bakar yang kurang memadai. 
Namun bila karena pemakaian tidak wajar, biasanya dipicu oleh akselerasi dan deselerasi yang sering dilakukan secara mendadak. Komponen EM akan makin kelimpungan menahan getaran sehingga mengakibatkan mobil limbung atau goyang. 

Kondisi Ban yang Sudah Tidak Layak

Kondisi ban turut menentukan kestabilan sebuah mobil ketika dijalankan. Permukaan ban memang tampak tidak mulus/licin. Namun lekukan, kerapatan, serta tinggi motif ban sudah dirancang sedemikian rupa mengikuti standar kelayakan mutu. 
Seiring pemakaian, permukaan ban akan menipis atau bergelombang di salah satu sisi sehingga jika berputar terasa baling/bergetar. Karenanya, rajin-rajinlah melakukan spooring and balancing secara berkala terhadap ban mobil Anda. 

Kondisi Velg Telah Rusak

Sama halnya dengan ban, kondisi velg juga bisa jadi penyebab mobil jalan bergoyang. Velg bisa mengalami perubahan bentuk apabila mobil sering terkena benturan keras. Sisi yang berada dekat dengan baut roda lambat laun jadi tidak rata sehingga putaran roda jadi meliuk-liuk. 
Walaupun Anda berusaha memperbaikinya, namun kerusakan yang terlampau parah tetap tidak memberikan hasil. Jalan satu-satunya adalah mengganti velg dengan yang baru. 
Itulah beberapa penyebab mobil jalan terasa goyang. Pastikan Anda melakukan maintenance secara berkala terhadap mobil Anda agar anda mengetahui apa aja kendala yang dialami oleh mobil anda dan anda juga harus mengetahui cara mengatasi mobil limbung atau goyang untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak di inginkan saat anda melakukan perjalanan jauh.

About The Author

Reply