Inilah Penyebab Bunyi Gluduk pada Roda Depan Mobil

Penyebab bunyi gluduk pada roda depan mobil adalah hal penyebab yang dicari saat anda sedang melakukan perjalanan. Pasalnya, bunyi gluduk biasanya menandakan adanya suatu permasalahan dalam mobil. Nah, anda pasti penasaran dengan faktor penyebab masalah ini.
Untuk melihat informasi apa dulu penyebabnya? Anda juga harus mengecek keadaan mobil anda secara berkala. Ini dilakukan dengan tujuan untuk mencegah kerusakan mobil anda. Permasalahan biasanya bisa didengar dari suara yang dikeluarkan oleh mobil itu sendiri. Namun, semuanya bisa diatasi dengan melihat penyebabnya terlebih dahulu. 
Oleh karena itu, kenali penyebab roda depan mobil bunyi gluduk seperti ini. Simak informasinya secara detail dan sesuaikan kondisi mobil anda. Apakah penyebab yang diinformasikan sama atau tidak?

Tie Rod End dan Long Tie Oblak

Salah satu penyebab roda depan mobil bunyi adalah ball joint oblak. Bisanya ball joint terletak pada tie rod dan long tie rod. Joint yang oblak disebabkan oleh umur mobil yang sudah mulai aus. Selain itu mobil sering melewati jalanan rusak dan berlubang. Untuk memeriksanya, anda bisa goyankan roda ke kanan dan kiri. Tie rod oblak apabila roda tidak kencang saat digoyangkan.

Ketahui Penyebab Bunyi Gluduk pada Roda Depan Mobil

Penyebab bunyi gluduk pada ban depan mobil yang menggunakan spring buffer juga banyak dialami. Satu-satunya penyebab bunyi gluduk pada ban depan mobil adalah kerusakan ball joint yang ada pada link stabilizer. Inilah yang menyebabkan mobil berbunyi gluduk-gluduk saat jalan lurus, menanjak ataupun belok. 

Karet yang Ada Pada Bushing Lower Arm Mengalami Kerusakan atau Pecah

Penyebab adanya suara gluduk pada roda depan mobil selanjutnya adalah mengalami kerusakan karet pada Bushing Blower. Bunyi gluduk yang terjadi pada bagian ini terdengar saat mobil melewati jalanan yang berlubang. Suara biasanya muncul pada bagian roda. Namun, bila bunyi gluduk terdengar saat mobil melewati gundukan, bisa jadi  penyebab roda depan mobil bunyi kerusakan support shock. Ini juga bisa jadi baut pada support shock mengalami kelonggaran. Sebagai pemilik mobil anda harus mencari tahu cara memperbaiki shock mobil yang mati atau membawa mobil anda ke bengkel untuk di periksa.
Kesimpulan : Penyebab bunyi gluduk pada roda depan mobil biasanya selalu menjadi perhatian anda saat perjalanan jauh. Apakah itu jadi masalah yang serius? Tentunya harus dicek ke bengkel agar selalu aman dalam berkendara. Nah, lakukan perawatan mobil secara berkala mulai hari ini ya! 

About The Author

Reply